YARSI Gelar Workshop Percepatan Akreditas Jurnal Bidang Ilmu Perpustakaan

| Rabu, 14/08/2019 22:42 WIB
YARSI Gelar Workshop Percepatan Akreditas Jurnal Bidang Ilmu Perpustakaan Universitas YARSI bekerja sama dengan ISIPII dan Kemenristekdikti menggelar workshop percepatan akreditasi jurnal bidang Ilmu Perpustakaan di Jakarta, Rabu (14/8). (Foto: istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Universitas YARSI, Ikatan Sarjana Ilmu Perpustakaan dan Informasi Indonesia (ISIPII) dan Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi (Menristekdikti) menyelenggarakan Workshop Percepatan Akreditasi Jurnal Bidang Ilmu Perpustakaan dan Informasi.

"Adapun tujuan dari penyelenggaraan workshop tersebut adalah memberikan pendampingan agar jurnal-jurnal bidang Perpustakaan dan Informasi, Dokumentasi dan Kearsipan dapat segera terakreditasi," ujar Kepala Program Studi Ilmu Universitas YARSI, Nita Ismayati S.IP.,M.Hum, Rabu (14/8/2019).

Menurut Nita, workshop telah dilakukan pada 2-4 Agustus 2019 di Hotel Daily Inn, Jakarta. Hari pertama, bicara tentang tentangkiat-kiat agar jurnal dapat terakreditasi dan carapenggunaan beberapa e-resources.

"Pemaparan dilakukan Kasubdit Fasilitasi Jurnal Ristekdikti, Dr Lukman dan Yoga DwiArianda, ST," katanya.

Sedangkan hari kedua, lanjut Nita, peserta dibagi menjadi dua kelompok. Setiap jurnal diberikan masukan oleh para asesor. Pengelola jurnal juga diminta untuk memperbaiki pengelolaan jurnalnya berdasarkan masukan-masukan dari para asesor.

"Empat orang asesor yang bertugas adalah Dr. Ida Farida, M.LIS, Dr.EnokWartika, S.Sos, M.Si , Dwi Fajar Saputra, S.Sos, M.Si, dan Eko Pramudya Laksana," ucapnya.

Di akhir acara para peserta yang merupakan para pengelola jurnal dari berbagai perguruan tinggi, asosiasi, dan institusi diberikan waktu selama satu minggu untuk menyelesaikan perbaikan pengelolaan jurnalnya dan kemudian mengajukan akreditasi dengan unggah ke sistem Arjuna.

Hadir memberikan sambutana cara workshop tersebut Dekan Fakultas Teknologi Informasi Universitas YARSI Dr. Ummi Azizah Rachmawati S.Kom.,M.Kom, Presiden ISIPII, WijiSuwarno, M.Hum, dan Kasubdit Fasilitasi Jurnal Ristekdikti, Dr Lukman.

"Kasubdit Fasilitasi Jurnal Ristekdikti menjadi pembicara sekaligus membuka acaraWorkshop berlangsung selama 3 hari," tuturnya.

Acara dinilai oleh para peserta memberikan manfaat yang besar bagi para pengelola jurnal. Mereka berterimakasih kepada Universitas YARSI yang telah menyelenggarakan workshop tersebut dengan baik.

Tags : Universitas YARSI , Workshop , Ilmu Perpustakaan

Berita Terkait