KH. Ma’ruf Amin: Selamat Pak Muhaimin Iskandar dan Pak Dimyati

| Kamis, 22/08/2019 08:51 WIB
KH. Ma’ruf Amin: Selamat Pak Muhaimin Iskandar dan Pak Dimyati Wapres terpilih, KH Maruf Amin berswafoto dengan petinggi DPP PKB saat penutupan Muktamar PKB 2019 (dok Radarbangsa/AL)

NUSA DUA, RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden terpilih KH Ma’ruf Amin, mengucapkan selamat atas terpilihnya kembali Abdul Muhaimin Iskandar sebagai Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan KH Dimyati Rois sebagai Ketua Dewan Syuro.

“Saya ucapkan selamat Pak Muhaimin Iskandar dan Pak Dimyati,” katanya di penutupan Muktamar PKB 2019 di Nusa Dua, Bali, Rabu 21 Agustus 2019 malam.

Kiai Ma’ruf merupakan salah satu tokoh penting di tubuh PKB. Tak ayal, ia merasa senang jika perolehan suara partai yang turut ia dirikan itu kuat dan sedih jika melihatnya melemah.

“Sebagai orang yang ikut mendirikan PKB dan ketua dewan syuro pertama PKB, tentu saya akan sangat merasakan. Kalau PKB itu melemah, tentu saya ikut sedih. Kalau PKB kuat tentu saya akan ikut gembira,” katanya.

Saat melihat ada tanda-tanda melemah, kesedihannya itu tidak membuatnya larut. Tetapi, Kiai Ma’ruf justru mengemukakan konsepsi untuk memperkokoh partai yang didirikannya bersama para kiai NU yang lain itu, yakni tiga rujuk.

“Ketika ada tanda-tanda melemah, saya ikut medorong. Seperti pada pemilh 2014 lalu, maka saya dorong dengan semboyan tiga rujuk,  Ar-ruju, War-ruju, Summar ruju,” katanya.

Rujuk pertama, katanya menjelaskan, merupakan konsepsi kembalinya PKB pada prinsipnya guna memperkuat komitmennya. Sementara itu, rujuk kedua berarti kembalinya orang-orang Nahdlatul Ulama ke partai yang lahir dari tangan dingin para tokoh  NU.

Adapun rujuk ketiga adalah mengembalikan PKB untuk meraih suara besar seperti keikutsertaan kali pertamanya pada tahun 1999. Berkat semboyan tersebut, suara PKB kembali merangkak naik ke papan atas pada Pemilu berikutnya dan diharapkan akan seterusnya.

“Dan Alhamdulilah 2014 PKB naik, 2019 juga naik, dan kita harapkan terus naik. Kita harap naik terus sampai ke Sidratul Muntaha,” ucapnya.

Di samping itu, Kiai Ma’ruf juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada PKB yang telah mendukungnya bersama Joko Widodo sebagai pasangan calon presiden dan calon wakil presiden hingga menjadi pemenang Pilpres.

“Saya juga berterimakasih pada PKB karena mendukung kami, Pak Jokowi dan saya menjadi capres capwapres. Alhamdulillah kita menjadi pemenang dalam Pilpres 2019. Ini saya rasa syukuran dan kepada semuan yang sudah berjuang sampai Pemiku 2019 sukses,” tukasnya.

Tags : Maruf Amin , Muktamar PKB , Muhaimin Iskandar