Gelar Santripreneur Lintas Agama, Menpora Harap Santri Terus Berinovasi

| Sabtu, 24/08/2019 10:12 WIB
Gelar Santripreneur Lintas Agama, Menpora Harap Santri Terus Berinovasi Menpora Imam Nahrawi memukul gong tanda dimulianya Santripreneur Lintas Agama (dok Kemenpora)

DENPASAR, RADARBANGSA.COM - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemnepora) menggelar Santripreneur Lintas Agama di Bali sejak Rabu 21 Agustus 2019 hingga Sabtu 24 Agustus 2019. Acara tersebut secara langsung dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi didampingi anggota DPR RI Maman Imanulhaq.

Panitia pelaksana sekaligus direktur diagnosa institute Andi Fajar Asti berujar, kegiatan ini sengaja digelar lantaran posisi santri berpengaruh pesat dalam membangun perekonomian bangsa.

“Kita melihay usaha-usaha yang dibangun para santri di kawasan pesantren maupun paska mereka lulus sebagai alumni santri sangat berpengaruh pada perekonomian bangsa,” kata dia.

Fajar menjelaskan ada beberapa kategori yang telah ditetapkan oleh panitia mulai dari kuliner, fashion sampai produk inovasi berbentuk aplikasi dan start up. Selanjutnya tidak hanya bazar, peserta yang terdiri dari berbagai santri dari lintas agama.

"Saya meyakini dan menjelaskan kepada seluruh audien bahwa tidak hanya Islam yang memiliki konsep pendidikan berbasis pesantren, namun Hindu, Budha, Protestan, Katolik dan Konghucu pun mengaplikasikan konsep pondok dan santri," kata Fajar.

Sementara itu, Imam Nahrawi menyampaikan, semua kalangan harus mendorong siapapun untuk menjadi entrepreneur. Ia berkeyakinan bahwa banyak ladang dakwah yang bisa dijadikan ladang pengabdian untuk santri terutama di dalam bisnis dan usaha.

“Santri harus berani berinovasi setiap saat dan dimanapun berpijak pemuda tidak boleh hanya dijadikan komoditi/target pasar, namun harus berani bersaing sebagai produsen berbagai produk yang dapat dikembangkan menjadi unggul, besar dan maju," kata Imam.

Imam juga menyampaikan, hadirnya pengurus Himpunan pengusaha muda Indonesia nantinya untuk mengisi di dalam diskusi, tidak hanya memberikan insfirasi tapi juga bisa menambah koneksi bisnis produk-produk dari para peserta.

Tags : Imam Nahrawi , Santripreneur , Kemenpora

Berita Terkait