Temui Paus Fransiskus di Vatikan, Gus Yaqut Bawa Misi Humanitarian Islam

| Rabu, 25/09/2019 22:27 WIB
Temui Paus Fransiskus di Vatikan, Gus Yaqut Bawa Misi Humanitarian Islam Momen pertemuan Gus Yaqut dengan Paus Fransiskus di Vatikan (foto IG @ansor_satu)

VATIKAN, RADARBANGSA.COM - Ketua Umum PP GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas ke Vatikan dalam rangka sosialisasi dan kampanye perdamaian Islam yang ramah dengan menjalin kerjasama antara Nahdlatul Ulama dan Vatikan, Rabu 25 September 2019.

Menurut Gus Yaqut (sapaan akrabnya), kehadirannya ke Vatikan membawa misi mendukung dokumen Human Fraternity for World Peace and Living Together yang didengungkan Paus Fransiskus dengan Grand Syeikh al-Azhar.

“Sekaligus menyampaikan dokumen GP Anshor Declaration of Humanitarian Islam,” kata Gus Yaqut di laman Instagram pribadinya.

Dalam kesempatan itu, Gus Yaqut secara langsung bertemu dan audiensi dengan pemimpin tertinggi umat Katolik tersebut. Dia menyampaikan GP Ansor turut memelihara keharmonisan kehidupan beragama di Indonesia. Termasuk menjaga kegiatan keagamaan umat Katolik.

“Paus Fransiskus berpesan agar umat beragama selalu menjaga persaudaraan, “saya doakan anda, anda doakan saya. Kita bersaudara,” kata Gus Yaqut sembari mengutip pesan Paus.

Gus Yaqut ke Vatikan bersama Katib Aam Syuriah PBNU KH Yahya Cholil Staquf dan Ketua PW GP Ansor Jawa Tengah Sholahuddin Aly.

Gus Sholah juga sempat memberikan kado istimewa kepada Paus Fransiskus berupa kain batik motif Boketan Truntum. Menurut Gus Sholah, ada pesan mendalam di balik motif batik karya Iwan Tirta tersebut.

Tags : GP Ansor , Yaqut Cholil Qoumas , Vatikan

Berita Terkait