Gempa Maluku, 23 Orang Meninggal Dunia

| Jum'at, 27/09/2019 15:53 WIB
Gempa Maluku, 23 Orang Meninggal Dunia Gempa di Provinsi Maluku meruntuhkan sebuah bangunan tempat tinggal warga. (Dok BNPB)

AMBON, RADARBANGSA.COM - Gempa bumi dengan magnitude 6.8 mengguncang wilayah Maluku pada Kamis, 26 September 2019, pukul 06.46 WIB. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis parameter gempa terjadi pada 40 km timur laut Ambon–Maluku dengan kedalaman 10 km.

BPBD Provinsi Maluku mencatat, pada Kamis malam, korban meninggal sebanyak 23 orang. Korban meninggal dunia paling banyak diidentifikasi di Kabupaten Maluku Tengah, yakni 14 orang. Selain itu, di Kota Ambon sebanyak 6 orang dan Kabupaten Seram Bagian Barat 3 orang.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat juga melaporkan bahwa lebih dari 100 orang menderita luka-luka. Korban luka disebabkan reruntuhan bangunan pascagempa. Korban luka-luka terjadi di Kabupaten Maluku Tengah, dimana lebih dari 100 orang mengalami luka di Desa Liang.

Siang ini, Jumat, 27 september 2019 Kepala BNPB Doni Monardo didampingi Gubernur Maluku Murad Ismail langsung meninjau beberapa tempat di wilayah terdampak gempa.

Doni melihat kondisi pengungsian mandiri yang berada di Kampus Darussalam, Kabupaten Maluku Tengah. Di titik ini, TNI mendirikan rumah sakit lapangan untuk merawat mereka yang terluka akibat tertimpa reruntuhan bangunan.

Tags : Gempa Maluku , BNPB , Korban Gempa

Berita Terkait