Keren! Bahasa Indonesia Resmi Jadi Bahasa Kedua di Al-Azhar, Mesir

| Jum'at, 11/10/2019 08:54 WIB
Keren! Bahasa Indonesia Resmi Jadi Bahasa Kedua di Al-Azhar, Mesir Focused Group Discussion KBRI dan petinggi Al Azhar, Kairo, Mesir perihal peresmian Bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua (foto: kemlugoid)

MESIR, RADARBANGSA.COM - KBRI Cairo berhasil bekerja sama dengan Universitas Al-Azhar Mesir, untuk mengajarkan bahasa Indonesia di Al-Azhar. Kerjasama ini bermula dari sebuah gagasan akan pentingnya bahasa Indonesia bagi penutur bukan asli Indonesia.

Tak tanggung-tanggung, kerjasama ini diwujudkan dalam bentuk prodi Bahasa Indonesia pada Fakultas Bahasa dan Terjemah Universitas Al-Azhar yang diinisiasi oleh Atdikbud KBRI Cairo, Dr. Usman Syihab.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Al-Azhar yang telah menerima Bahasa Indonesia sebagai Bahasa kedua di Fakultas Bahasa dan Terjemah Al-Azhar” ucap Duta Besar RI Cairo, Helmy Fauzy, Rabu 9 Oktober 2019.

KBRI Cairo juga menggandeng berbagai stake holder terkait, baik dengan Al-Azhar maupun pihak-pihak di dalam negeri seperti: Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan (PPSDK- BPBP) Kemendikbud RI, Kemenristek Dikti RI dan Kemenag RI.

Selain itu, KBRI Cairo juga menggandeng 3 perguruan tinggi yang tergabung dalam Konsorsium Pengajaran Bahasa Indonesia di Universitas Al-Azhar, yaitu Universitas Gadjah Mada (UGM), UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

“Tiga pergurun tinggi ini yang menjadi stake holder utama penyedia SDM pengajaran Bahasa Indonesia di Universitas Al-Azhar,” kata Helmy.

Sebelumnya, para stake holder melakukan beberapa kali FGD (Focused Group Discussion), dimana salah satunya dihadiri langsung oleh Dekan fakultas Bahasa dan terjemah Universitas Al-Azhar, Prof. Dr. Thaha Badri.

Setelah hasil FGD tersebut disampaikan secara resmi kepada Rektor Al-Azhar dan kemudian dibahas di Sidang Senat Universitas Al-Azhar, dimana senat Univeristas Al-Azhar menyetujui untuk mengajarkan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa kedua di fakultas tersebut yang dimulai pada tahun akademik 2019/2020.

Sebagai tanda permulaan resmi pengajaran Bahasa Indonesia tersebut, pada 9/10 Fakultas Bahasa dan Terjemah Universitas Al-Azhar bekerja sama dengan KBRI Cairo mengadakan ceremonial resmi, yang berlangsung di Aula Fakultas Bahasa dan Terjemah Universitas Al-Azhar.

Ceremonial ini dihadiri oleh Duta Besar RI Cairo, Helmy Fauzy, Atdikbud KBRI Cairo, Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Bahasa dan Terjemah Universitas Al-Azhar, Rektor UGM (Prof. Dr. Panut Mulyono), Rektor UMS (Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si.) dan Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan UIN Maulana Malik Ibrahim (Dr. M. Isroqunnajah, M.A.).

Tags : Indonesia , Al Azhar , Mesir , KBRI Cairo