Abdul Halim Iskandar, Meniti Karier dari Bawah Hingga Jabat Menteri Desa

| Jum'at, 25/10/2019 07:01 WIB
Abdul Halim Iskandar, Meniti Karier dari Bawah Hingga Jabat Menteri Desa Abdul Halim Iskandar (Menteri Desa PDTT). (foto: radarbangsa/Bang AL)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Abdul Halim Iskandar (Gus Halim) resmi menjabat Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) pada Kabinet Indonesia Maju pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden KH ma`ruf Amin periode 2019-2024. Sebelum dipanggil ke Istana Presiden, Gus Halim menjabat Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB).

Gus Halim adalah cicit dari salah satu pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Bisri Syansuri. Pria kelahiran 14 Juli 1962 itu menghabiskan masa kecilnya di Pondok Pesantren Mambaul Ma`arif, Denanyar, Jombang, Jawa Timur.

Baca Juga: Diangkat Jadi Menteri, ini Pesan Gus Salam untuk Abdul Halim Iskandar

Gus Halim menempuh pendidikan formal di MI, MTS dan MAN Mambaul Ma`arif. Selain itu, ia juga menjadi santri di Pesantren Mambaul Ma`arif dari tahun 1968 hingga tahun 1980.

Setelah menyelesaikan pendidikan formal, Gus Halim melanjutkan pendidikannya di IKIP Yogyakarta di jurusan Filsafat dan Sosiologi Pendidikan tahun 1987. Kemudian, ia melanjutkan studi S2 di IKIP Malang jurusan Manajemen Pendidikan dan berhasil meraih gelar Master tahun 1992.

Gus Halim juga aktif di sejumlah organisasi. Mulai dari Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) saat di MTS dan MAN, Gus Halim juga salah satu aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) cabang Yogyakarta dan aktif di Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) di Jombang, Jawa Timur.

Gus Halim meniti kariernya dari bawah dengan menjadi guru BP di MAN Mambaul Ma`arif seta menjadi kepala SMK Sultan Agung Tebuireng, Jombang. Ia juga pernah menjadi pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Ma`arif. 

Suami dari Lilik Umi Nasriyah itu juga pernah berkarier menjadi Dosen dan Dekan Fakultas Tarbiyah di Institut Keislaman Hasyim Asy`ari (IKAHA) Tebuireng, Kampus tersebut saat ini telah berganti nama menjadi Universitas Hasyim Asy`ari (Unhasy) Tebuireng. Selain itu, Gus Halim juga menjabat Direktur Utama PT RSNU, Jombang sejak tahun 2012 sampai saat ini.

Tahun 1999 setelah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berdiri, Gus Halim mulai meniti karier di dunia politik. Dia pernah menjabat Ketua DPC PKB Kabupaten Jombang sejak tahun 1999 hingga tahun 2011.

Kakak kandung Ketua Umum DPP PKB abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) itu dipercaya menjadi Ketua DPW PKB Provinsi Jawa Timur tahun 2011 hingga 2022 mendatang.

Gus Halim juga memulai karier di legislatif dengan menjadi Anggota DPRD Kabupaten Jombang. Ia juga menjabat Ketua DPRD Jombang selama 2 periode hingga tahun 2009.

Baca Juga: Di Hari Santri Nasional, Cicit Pendiri NU Gus Halim Dipanggil ke Istana

Tahun 2009, Gus Halim lolos menjadi anggota DPRD Provinsi Jawa Timur dan terpilih menjadi wakil ketua DPRD Jawa Timur. Periode 2014-2019, Gus Halim kembali lolos sebagai anggota DPRD Provinsi Jawa Timur dan dipercaya menjadi Ketua DPRD Jawa Timur.

Tahun 2019, Gus Halim melanjutkan periode ketiganya sebagai anggota DPRD Provinsi Jawa Timur. Gus Halim pun kembali diberikan amanat sebagai wakil ketua DPRD.

Gus Halim juga dipercaya menjadi Ketua DPP PKB yang membidangi Eksekutif dan Legislatif oleh Gus Muhaimin tahun 2019-2024 mendatang. 

Tags : Gus Halim , Menteri Desa PDTT , Gus Muhaimin , Jokowi