Muhammad Kadafi: Sistem Pendidikan Indonesia Harusnya Berbasis Local Wisdom

| Selasa, 12/11/2019 16:12 WIB
Muhammad Kadafi: Sistem Pendidikan Indonesia Harusnya Berbasis Local Wisdom Anggota Komisi X dari FPKB Muhammad Kadafi (foto: istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi X DPR RI, dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) mengatakan, pendidikan di Indonesia seharunya berbasis local wisdom atau kebudayaan lokal seperti indigenous people, indigenous culture, indigenous knowledge.

“Dunia pendidikan harus mampu mendorong program link and match yang berbasis local wisdom harus kita dorong (indigenous people, indigenous culture, indigenous knowledge).

Muhammad Kadafi berpesan agar pemerintah melakukan terobosan dalam dunia pendidikan di Tanah Air sehingga tidak mengadopsi sistem pendidikan dari luar secara mentah-mentah.

“Jangan sampai kita terjebak dalam kubangan yang diciptakan oleh negara maju,” jelas Muhammad Kadafi.

Menurutnya, pendidikan di Indonesia harus menyesuaikan dengan permintaan pasar tanpa meninggalkan kebudayaan lokal yang menjadi dasar pendidikan di tanah air, ”Kita tahu bahwa kualitas pendidikan di Indonesia tidak merata antar daerah, SDM di pulau Jawa berlimpah dibanding dengan daerah lain,” katanya.

Rektor Universitas Malayati Lampung ini mencontohkan, perguruan tinggi negeri atau swasta yang unggul untuk melakukan transfer knowledge atau kuliah bersama sehingga meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di Indonesia.

Tags : Muhammad Kadafi , Pendidikan Indonesia , SDM