Kemnaker Siapkan BLK Khusus Program Kartu Pra Kerja

| Sabtu, 30/11/2019 17:50 WIB
Kemnaker Siapkan BLK Khusus Program Kartu Pra Kerja Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah (foto: kemnakerRI)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pemerintah tengah menyiapkan Balai Latihan Kerja (BLK) sebagai salah satu lembaga yang akan melaksanakan pelatihan melalui program Kartu Pra Kerja. Kartu Pra Kerja adalah bantuan pelatihan vokasi untuk mengakselerasi peningkatan kompetensi SDM.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah berujar, BLK khusus program Kartu Prakerja nantinya tidak hanya ada di BLK milik pemerintah, namun juga di BLK milik Kementerian/Lembaga lain.

“Pelatihan ini akan dilakukan di BLK yang terdiri dari  BLK Kemenaker, BLK K/L lain, BLK Pemda. Kemudian ada juga LPK swasta dan perusahaan serta industri juga punya training center. Itu sedang kita inventarisir semua," kata Ida di Jakarta, Sabtu 30 November 2019.

Menurut Ida, program Kartu Pra Kerja akan menyasar pencari kerja, masyarakat yang terdampak PHK, serta pekerja yang ingin meningkatkan keterampilan (up skilling) ataupun alih keterampilan (reskilling).

Selain itu, pendistribusian Kartu Pra Kerja akan memprioritaskan daerah dengan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) tertinggi.

“Daerah yang TPT tertinggi tentu akan mendapat prioritas, karena memang memperioritaskan mereka yang masuk kategori penganggur," ujar Ida.

“Nanti lembaga pelatihan yang melaksanakan adalah lembaga yang sudah teregister dan terakreditasi, karena kalau kita ingin meningkatkan kompetensi, lembaganya pun harus kompeten,” sambung Ida.

Tags : Kemnaker , Ida Fauziyah , Kartu Pra Kerja