Profil PT. PANN Tidak Jelas, Erick Thohir: Deputinya Jangan Disalahkan, Masih Baru Menjabat

| Selasa, 03/12/2019 09:44 WIB
Profil PT. PANN Tidak Jelas, Erick Thohir: Deputinya Jangan Disalahkan, Masih Baru Menjabat Rapat Jajaran Pengurus BUMN dengan Anggota DPR RI Komisi VI (Foto: Official Instagram DPR RI)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Erick Thohir mengungkapkan kepada Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Komisi VI untuk tidak terlalu menyalahkan presentasi yang dibawakan oleh Deputi PT. PANN (Pengembangan Armada Niaga Nasional) mengenai profil perusahaannya. Pada rapat pertama yang dihadirinya, Erick mengatakan bahwa Direktur Utama PT. PANN masih baru sehingga masih tidak fokus.

Sebelumnya salah satu Anggota DPR RI Komisi VI mempertanyakan tentang profil dan arah PT. PANN. Namun, penjelasan yang diberikan oleh salah satu Dirut BUMN ini terbatas, sehingga memicu pertanyaan lanjutan dari Anggota DPR RI Komisi VI.

“Sebentar pak ketua, saya mau interupsi PT. PANN ini apa dan profilnya bagaimana?” ungkap Salah satu Anggota DPR RI pada rapat perdana Komisi VI dengan Menteri BUMN Erick Thohir, Senin 2 Desember 2019.

Dilansir dari laman web resmi panmf.co.id,  PT. PANN merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan armada niaga nasional sektor maritim dan kelautan. Perusahaan ini didirikan berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 18 tahun 1974 tentang Penyertaan Modal Negara (PMN) untuk keberlangsungan perusahaan kedepannya.

Jika dilihat dari histori audit keuangan, pada tahun 2013-2014 PT. PANN diaudit oleh BPK dan tidak mampu membayar bunga terhadap pemerintah.  Namun di tahun 2020, perusahaan tersebut terdaftar sebagai penerima PMN sebagaimana yang telah dianggarkan dalam APBN tahun 2020. Hal ini mengacu pada peraturan awal pemerintah untuk menggelontorkan modal negara kepada PT. PANN.

 

 

Tags : PT. PANN , ERICK THOHIR , BUMN

Berita Terkait