Pilkada Harus Jadi Instrument Demokrasi yang Sehat

| Senin, 09/12/2019 19:02 WIB
Pilkada Harus Jadi Instrument Demokrasi yang Sehat Dari kiri: Mursaidin Albantani (Wasek DPW PKB Lampung), Yanuar Prihatin (Desk Pilkada DPP PKB), Hidir Ibrahim (Ketua Desk Pilkada DPW PKB Lampung), Heriyanto Suud (Sek Desk Pilkada Lampung) Foto: Istimewa

BANDAR LAMPUNG, RADARBANGSA.COM - DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Lampung menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) tahapan Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) yang akan dilaksanakan secara serentak di delapan Kabupaten dan Kota se-Lampung pada tahun 2020 mendatang.

Hadir dalam rakor tersebut, Korwil Wilayah Barat Desk Pilkada DPP PKB Yanuar Prihatin, Ketua Desk Pilkada Kabupaten dan Kota se-Lampung serta Desk Pilkada DPW PKB Lampung.

Dalam kesempatan rakor tersebut, Yanuar menyampaikan bahwa Pilkada merupakan instrument penting dalam mewujudkan demokrasi di tingkat lokal, "PKB harus mengambil peran dan menjadi inisiator dalam menyampaikan pendidikan politik kepada masyarakat," kata Yanuar di Bandar Lampung, Senin 9 Desember 2019.

Selain itu, Anggota Komisi II FPKB DPR RI itu menambahkan Provinsi Lampung merupakan provinsi yang sangat luar biasa perolehan kursi pada pemilu 2019 Lalu, jadi jika pada pilkada 2020 ini mengambil peran tentulah menjadi hal yang wajar. Untuk itu DPC dan DPW harus cermat memetakan situasi politik daerah-daerah yang mau Pilkada.

“Saya berharap, dalam Pilkada ini banyak kader-kader PKB yang maju menjadi Calon Kepala daerah atau wakil kepala daerah terutama di daerah-daerah yang menjadi basis PKB," harapnya.

Untuk itu, bukanlah hal yang berlebihan jika di beberapa daerah yang mau Pilkada PKB mendorong kadernya untuk maju sebagai calon kepala daerah dan wakil kepala daerah. Ada daerah-daerah yang masuk cluster Wajib, Sunah dan Mubah bagi PKB untuk mencalonkan kader.

"Pembagian cluster inilah yang akan menjadi bagian penting bagi PKB dalam memutuskan siapa yang akan diusung oleh PKB, baik sebagai Calon Kepala daerah maupun calon Wakil Kepala Daerah," pungkasnya

Sebagai informasi, PKB dibeberapa Kabupaten yang mau Pilkada mendapatkan perolehan kursi yang signifikan, terutama di Lampung Timur, Lampung Tengah, Pesawaran, Waykanan dan Pesisir Barat jika dilihat dari jumlah keseluruhan Kursi di DPRD.

Sementara itu, Ketua Desk Pilkada DPW PKB Lampung, Hidir Ibrahim mengatakan, DPC Kabuoaten dan Kota sudah melaksanakan tahapan, mulai dari sosialisasi dan pendaftaran, masih ada beberapa tahap lagi yang akan dilakukan, salah satunya adalah survey, survey akan menjadi masukan penting bagi PKB untuk menerbitkan rekomendasi PKB terhadap calon yang sudah mendaftar ke DPC PKB kabupaten dan Kota.

“Insya Allah, Januari, tahapan selanjutnya yaitu survey akan dilaksanakan, jadi bagi calon-calon kepala daerah atau calon wakil kepala daerah yang sudah mendaftarkan diri melalui Desk Pilkada PKB Kabupaten dan Kota untuk turun dan menyosialisasikan dirinya di masyarakat," kata Hidir.

Tags : PKB Lampung , Yanuar Prihatin , Pilkada 2020

Berita Terkait