Ida Fauziyah Minta PMI Malaysia Sebarkan Nasionalisme

| Kamis, 12/12/2019 15:42 WIB
Ida Fauziyah Minta PMI Malaysia Sebarkan Nasionalisme Ida Fauziyah Berfoto Bersama PMI Malaysia

 

JAKARTA, RADARBANGSA.COM -  Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah melakukan kunjungan kerja ke Malaysia. Dalam kunjungan kerjanya, Ida menemui para Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Sony Company.  

Ida Fauziyah meminta para PMI menjadi duta bela negara untuk menebarkan nasionalisme dan semangat cinta tanah air. Pada pertemuan yang dihadiri oleh lebih dari 200 PMI itu, Ida Fauziyah juga berpesan kepada PMI di Malaysia untuk membentengi diri dari pengaruh ideologi dan pemikiran yang membahayakan kehidupan bangsa. "Jangan ikut ideologi dan pemikiran keagamaan yang radikal, karena bertentangan dengan Pancasila," tegas Ida.

Pada pertemuan tersebut, tak lupa Ida mengapresiasi PMI sebagai penyumbang devisa negara terbesar. Untuk itu, menurut mantan anggota DPR RI ini, negara wajib memberikan perlindungan terhadap PMI.

"Saat ini kita sudah punya Undang-Undang yang lebih baik untuk memastikan perlindungan terhadap PMI yaitu Undang-Undang tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia" kata Ida Fauziyah.

Ida kemudian menyampaikan beberapa program dari pemerintah terkait dengan pemberdayaan untuk purna-PMI, seperti program Desa Migran Produktif (Desmigratif), pemberian Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk mantan PMI, dan lain-lain.

"Tentu ibu-ibu dan mbak-mbak semua akan pulang kampung dan menjadi wirausaha" tutur Menaker perempuan pertama di era reformasi ini.

Para pekerja yang semuanya perempuan sangat menyambut baik kunjungan ini. Kesempatan tersebut dimanfaatkan dengan menyampaikan berbagai keluhan dan masukan kepada Pemerintah RI. Salah seorang PMI asal Malang menyampaikan pesan kepada pemerintah untuk menghapus sistem kerja kontrak. Pada kesempatan yang sama, PMI asal Lombok meminta permudahan permodalan usaha bagi purna-PMI.

Tags : PMI , Ida Fauziyah

Berita Terkait