APEC Tetapkan Tiga Prioritas

| Selasa, 17/12/2019 16:24 WIB
APEC Tetapkan Tiga Prioritas Asia Pacific Economic Cooperation-APEC (imager: istimewa)

LANGKAWI, RADARBANGSA.COM - Forum Kerja Sama Ekonomi di Kawasan Asia-Pasifik (APEC) menetapkan tiga prioritas APEC untuk tahun 2020 di bawah keketuaan Malaysia. Ketiga prioritas tersebut ditetapkan dalam pleno Informal Senior Offcials’ Meeting (ISOM) APEC yang berlangsung pada 9-12 Desember 2019 di Langkawi, Malaysia.

“Ketiga prioritas APEC untuk 2020 yaitu improving the narrative of trade and investment, inclusive economic growth through digital economy and technology, dan driving innovative sustainability. Sementara itu, Malaysia selaku tuan rumah APEC 2020 akan mengusung tema ‘Optimizing Human Potential for a Future of Shared Prosperity’ dalam rangkaian pertemuan APEC selama 2020,” ungkap Direktur Perundingan APEC dan Organisasi Internasional Kementerian Perdagangan, Antonius Yudi Triantoro.

Lebih lanjut, Yudi menjelaskan, melalui prioritas pertama, APEC diharapkan dapat terus meningkatkan integrasi ekonomi regional, perwujudan perekonomian yang inklusif dan berkelanjutan, serta keterlibatan sektor swasta untuk menciptakan iklim bisnis dan investasi yang lebih baik.

Prioritas kedua, menekankan keterlibatan setiap lapisan masyarakat di kawasan Asia Pasifik dalam menghadapi perkembangan teknologi dan ekonomi digital. Sedangkan pada prioritas ketiga, setiap Ekonomi APEC diharapkan dapat meningkatkan inovasi yang berkontribusi pada pertumbuhan yang berkelanjutan, seperti manajemen limbah, keamanan pangan, dan manajemen energi.

“Sedangkan, melalui tema yang diusung, Malaysia mengangkat konsep kemakmuran bersama di seluruh Kawasan Asia-Pasifik, dengan tetap memastikan setiap manusia menerima manfaat dari perkembangan teknologi untuk menyongsong masa depannya,” lanjut Yudi.

Tags : Kawasan Asia Pasifik , APEC , Kemendag

Berita Terkait