Sering ke Luar Negeri, PKB-Gerindra Interpelasi Gubernur Sumbar

| Rabu, 18/12/2019 17:03 WIB
Sering ke Luar Negeri, PKB-Gerindra Interpelasi Gubernur Sumbar Ketua DPW PKB Sumatera Barat Febby Dt Bangso (foto Radarbangsa)

PADANG, RADARBANGSA.COM - Ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sumatera Barat, Febby Dt Bangso usulan Gerindra untuk mengajukan hak interpelasi terhadap Gubernur Sumbar Irwan Prayitno terkait penggunaan anggaran perjalanan dinas luar negeri.

“Sepanjang Gerindra komit dan menandatangani (dukungan) interpelasi, PKB siap. Kami akan bersama-sama. Bahkan kami juga siap menggalang dukungan dari partai-partai lain," kata Febby, Selasa 17 Desember 2019.

Menurut Febby, apa yang dilakukan Gerindra merupakan hal yang baik dalam menangkap keresahan yang terjadi di masyarakat. Sedangkan hak interpelasi memang melekat di anggota Dewan.

"Ini kan sah-sah saja. Hak bertanya digunakan oleh anggota Dewan. PKB mendukung apa yang dilakukan Gerindra, kalau itu menjadi keresahan banyak pihak," kata Febby.

Febby juga meminta pihak manapun untuk mendukung langkah tersebut. “Harus dibedakan antara interpelasi dan impeachment. Ini hak bertanya, tinggal dijawab saja. Kalau memuaskan dan meyakinkan, maka tidak akan ada masalah (lanjutan)," tambah dia.

Sebelumnya, Ketua DPD Gerindra Sumbar, Andre Rosiade langsung memberi instruksi kepada Fraksi Gerindra DPRD Provinsi Sumatera Barat untuk mengajukan hak interpelasi terhadap Gubernur Sumbar Irwan Prayitno untuk mempertanyaan penggunaan anggaran perjalanan dinas luar negeri.

Andre mengungkapkan hal dilakukan untuk menjawab keresahan dan aspirasi masyarakat mengenai perjalanan dinas ke luar negeri yang dilakukan Gubernur Sumbar hampir setiap bulan pada periode ke dua masa jabatannya.

"Ini perjalanan dinas, menggunakan APBD. Dilakukan gubernur hampir setiap bulan dan bahkan ada dua kali dalam sebulan dan sudah mulai meresahkan masyarakat Sumbar," ungkap Andre.

Tags : PKB , Febby Dt Bangso , Gerindra , Interplasi