Libur Nataru, Polri Prediksi Pengguna Tol Trans Sumatera Melonjak

| Jum'at, 20/12/2019 20:55 WIB
Libur Nataru, Polri Prediksi Pengguna Tol Trans Sumatera Melonjak Kendaraan melewati jalan tol (Foto: BeritaHati)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) memprediksi bahwa lonjakan arus pemudik akan bertambah saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) di Tol Trans Sumatera. Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Istiono mengungkapkan, jarak tempuh yang semakin cepat menjadi salah satu terjadinya lonjakan.

"Waktu tempuh yang biasanya tahun lalu bisa 8-10 jam ini bisa jadi 3-4 jam. Ini menjadi daya tarik sendiri dan diperkirakan pengendara meningkat," kata Istiono dalam jumpa pers di Gedung NTMC, Jakarta Selatan, Jumat, 20 Desember 2019.

Baca Juga: PUPR: Akhir 2019, Jalan Tol Sepanjang 501,16 KM Beroperasi di Sumatera

Namun, Istiono mengimbau pada pengendara agar mewaspadai jarak tempuh yang panjang dan belum ada rest areanya. DIsampaikannya, kondisi itu akan dirasakan sepanjang 100 Kilometer dari Palembang hingga Mesuji.

Istiono juga mengimbau agar pengendara juga mempersiapkan BBM full, saldo e-toll yang cukup hingga persediaan makanan dan minuman serta fisik yang prima.

Baca Juga: Tahun 2020, Pemerintah Bakal Tambah 2.000 KM Jalan Tol di Sumatera

Dijelaskannya, sepanjang 360 KM jalan tol Trans Sumatera total ada 22 rest area. 11 rest area berada di jalur dari Lampung ke Palembang dan 11 rest area ada dijalur lainnya.

"Kondisi jalan tol itu sudah memenuhi standar minimal keselamatan. Pembatas jalannya, lampu sudah cukup dan itu sudah layak digunakan," pungkasnya. 

Tags : Tol Trans Sumatera , Libur Nataru , Polri

Berita Terkait