Jokowi Minta Menteri BUMN dan Pertamina Cepat Selesaikan Kilang Minyak di Tuban

| Minggu, 22/12/2019 20:19 WIB
Jokowi Minta Menteri BUMN dan Pertamina Cepat Selesaikan Kilang Minyak di Tuban Presiden Jokowi mengunjungi pembangunan kilang PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) di Tuban (foto: setkabgoig)

TUBAN, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan kepada Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Dirut Pertamina Nicke Widyawati, dan Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok agar bisa menyelesaikan pembangunan kilang PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) di Tuban, Jawa Timur, dalam waktu tidak lebih dari 3 (tiga) tahun.

“Mintanya tadi empat tahun, tiga tahun harus rampung semuanya, entah itu dengan kerja sama, entah itu dengan kekuatan sendiri, saya kira ada pilihan-pilihan yang bisa diputuskan segera,” kata Presiden Jokowi, Sabtu 21 Desember 2019.

Dikutip dari laman setkabgoid, Presiden Jokowi menjelaskan soal kepemilikan sahan yakni 98 persen saham perusahaan itu milik negara, sisanya 2 persen milik pemilik lama. Namun Presiden meminta nanti di bulan Januari sudah ada kejelasan mengenai hal ini, karena ia sudah menunggu lima tahun.

Presiden menjelaskan bahwa kilang minyak TPPI itu merupakan salah satu kilang terbesar di Indonesia, yang dapat menghasilkan produk aromatik, baik paraxylene, orthoxylene, benzene, toluene, heavy aromatic, dan juga penghasil BBM premium, pertamax, elpiji, solar, kerosene.

“Ini bisa untuk semuanya,” ujarnya.

Produksi kilang minyak TPPI itu maksimal, lanjut Presiden Jokowi, bisa menghemat devisa itu 4,9 miliar dollar AS atau kurang lebih Rp56 triliun, “Ini yang sering saya sampaikan bolak-balik di dalam rapat-rapat terbatas, rapat paripurna, rapat dengan kepala daerah, ya ini. Substitusi produk-produk impor ya ini, salah satunya adalah petrokimia,” tegas Presiden.

Tags : Presiden Jokowi , Kilang Minyak Tuban