Kiai Said: Nahdliyin Jangan Manja

| Kamis, 13/02/2020 22:21 WIB
Kiai Said: Nahdliyin Jangan Manja Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj secara resmi membuka Mukernas Sako Pramuka Maarif NU di Jakarta, Jumat (30/8). (Foto: NU Online)

LAMPUNG, RADARBANGSA.COM - Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj berpesan agar sejumlah aset dan kemudahan yang dimiliki Nahdlatul Ulama saat ini hendaknya terus dijaga. Layanan yang diberikan kepada warga juga harus terukur. Ditegaskannya, jangan sampai fasilitas yang sudah ada dan digratiskan membuat nahdliyin manja.

Baca Juga: Kiai Said Tegaskan NU Terus Jaga Islam Moderat

Penegasan tersebut disampaikan Kiai Said saat memberikan sambutan pada pengukuhan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Metro, Lampung masa khidmah 2020-2025, Kamis, 13 Februari 2020. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kampus Institut Agama Islam Ma’arif Nahdlatul Ulama (IAIMNU) Metro sekaligus acara puncak peringatan hari lahir ke-97 Nahdlatul Ulama.

"Meskipun aset yang dimiliki oleh PCNU Metro sudah banyak, jangan sekali-kali memanjakan warga NU dengan hal-hal yang gratis,” katanya di hadapan sejumlah undangan termasuk Wali Kota Metro.

Menurut Kiai Said, memberikan layanan secara cuma-cuma alias gratis membuat warga NU manja. Padahal, hal tersebut jangan sampai dilakukan.

“Layanan gratis membuat warga NU manja,” ungkapnya.

Karena itu, hal yang sudah berjalan secara profesional hendaknya dapat terus dilakukan dengan memperhatikan keberlangsungan usaha yang ada. “Utang dibayar, janji ditepati,” jelasnya.

Baca Juga: Kiai Said: Budaya dan Tradisi adalah Instrumen Dakwah

Lebih lanjut, kiai asal Cirebon ini menyontohkan negara yang melakukan hal tersebut sehingga kemudian bangkrut. Hal itu, lanjutnya, jangan sampai membuat nahdliyin terlena.

“Lihat negara Yunani bangkrut karena memanjakan rakyatnya," ujarnya.

Diketahui, kegiatan pelantikan PCNU Kota Metro dihadiri Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Lampung, KH Muhammad Mukri, Wali Kota Metro, H Pairin dan disaksikan lebih dari 5000 undangan. 

Tags : Kiai Said , PBNU , Nahdliyin , Lampung

Berita Terkait