Terima Gelar Doktor Kehormatan, Puan Maharani Buktikan Perempuan Indonesia Bisa

| Jum'at, 14/02/2020 18:22 WIB
Terima Gelar Doktor Kehormatan, Puan Maharani Buktikan Perempuan Indonesia Bisa Ketua DPR RI Puan Maharani menerima anugerah Doktor kehormatan di Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Jumat (14/2). (Foto: istimewa)

SEMARANG, RADARBANGSA.COM - Ketua DPR RI Puan Maharani menerima gelar Doktor Kehormatan atau Doctor Honoris Causa (DR HC) perdana dari Universitas Diponegoro (Undip), Semarang, Jumat, 14 Februari 2020. Jelang penganugerahan gelar tersebut, Puan mengatakan pencapaiannya di dunia profesional hingga menerima Doktor Kehormatan menunjukkan bahwa wanita Indonesia bisa menggapai jabatan dan prestasi tertinggi.

“Ini gelar Doktor Honoris Causa pertama dan ini sejarah bagi saya. Ini bukan buat sombong, ini buat menyatakan bahwa perempuan bisa kalau mau berjuang,” ujar Puan di Semarang, Jawa Tengah, Kamis, 13 Februari 2020.

Baca Juga: Resmi! Puan Maharani Jabat Ketua dan Gus Muhaimin Wakil Ketua DPR RI

Puan menyatakan, dirinya menjadi salah satu wakil dari para perempuan Indonesia. Di mana, perempuan Indonesia tak perlu khawatir dengan sekat dan minimnya kesempatan di bidang apa pun. Ia menegaskan, saat ini pintu sudah terbuka lebar, ruang dan kesempatan bagi perempuan-perempuan Indonesia untuk berkarya di Negara Kesatuan Republik Indonesia ini.

“Kalau ada yang tanya ke saya, apa yang akan dikontribusikan bagi perempuan Indonesia sebagai Ketua DPR RI? Saya bilang, tentu saja keberadaan saya (sebagai Ketua DPR RI) sudah mewakili seluruh perempuan Indonesia. Sekat yang membatasi perempuan Indonesia untuk punya jabatan tinggi di Republik ini sudah enggak ada lagi. Siapa pun bisa, asal mau berjuang, bekerja keras, berusaha,” tutur Puan.

Baca Juga: DPR dan Pemerintah Rapat Koordinasi, Samakan Persepsi RUU Cipta Lapangan Kerja

Pencapaian yang sudah didapat Puan hingga hari ini tidaklah mudah. Ini juga merupakan salah satu buah dari kerja kerasnya selama ini. “Banyak yang bilang, Puan punya ‘karpet merah’. Memang betul, saya punya ‘karpet merah’ sebagai cucu Bung Karno, putri Megawati dan (alm) Pak Taufik punya PDI Perjuangan. Memang ada ‘karpet merah’, tapi bukan berarti didapat dengan tiba-tiba. Itu semua, butuh perjuangan dan tentu saja semangat keyakinan dan keinginan,” tegasnya.

Dan tak kalah pentingnya Puan menyampaikan, ia senantiasa mendapat suntikan semangat untuk mencapai kesuksesan dari Ibundanya Megawati Soekarno Putri yang merupakan Presiden ke-5 Republik Indonesia.

Tags : DPR RI , Doktor Kehormatan , Puan Maharani , UNDIP