Resmi! Puan Maharani Jabat Ketua dan Gus Muhaimin Wakil Ketua DPR RI

| Selasa, 01/10/2019 20:22 WIB
Resmi! Puan Maharani Jabat Ketua dan Gus Muhaimin Wakil Ketua DPR RI Ketua dan Wakil Ketua DPR RI Periode 2019-2024 (foto: dok PKB)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - DPR RI melakukan Sidang Paripurna untuk menentukan kursi pimpinan DPR RI periode 2019-2024.

Sebagaimana Undang-Undang MD3, kursi Ketua DPR RI diserahkan kepada partai pemenang pemilu 2019 yakni PDI Perjuangan. Dan partai yang dipimpim oleh Megawati Soekarnoputri itu menunjuk Puan Maharani sebagai Ketua DPR RI.

Sementara, wakil ketua diserahkan kepada parpol pemenang pemilu kedua hingga kelima. Nama-nama yang menjadi wakil ketua adalah Azis Syamsuddin dari Golkar, Sufmi Dasco Ahmad dari Gerindra, Rachmat Gobel dari NasDem dan Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus Muhaimin dari PKB.

“Menetapkan Puan Maharani sebagai Ketua dari Fraksi PDI Perjuangan. Wakil Ketua Azis Syamsuddin dari Fraksi Golkar, Sufmi Dasco dari Fraksi Gerindra, Rachmat Gobel dari Fraksi Nasdem dan A Muhaimin Iskandar dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa,”

“Apakah saudara-saudara siap disumpah jabatan Ketua dan Wakil Ketua DPR RI,” kata Hatta Ali saat memandu sumpah jabatan.

“Siap,” jawab Ketua dan Wakil DPR RI.

 

Berikut Sumpah Jabatan Ketua dan Wakil Ketua DPR RI Periode 2019-2024

Dengan sungguh-sungguh, bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya, sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, sebagai Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat.

Dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan dengan berpedoman pada Pancasila dan UUD 1945.

Bahwa Saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh demi tegaknya kehidupan demokrasi serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi, seseorang dan golongan.

Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentinganan bangsa dan NKRI

Setelah melakukan ucap sumpah jabatan, Ketua dan Wakil Ketua DPR RI Periode 2019-2024 melakukan penandatangan berita acara. 

Tags : Puan Maharani , Gus Muhaimin , Ketua DPR

Berita Terkait