Karantina Berakhir, Nur Yasin Ajak Masyarakat Terima WNI dari Wuhan

| Sabtu, 15/02/2020 14:34 WIB
Karantina Berakhir, Nur Yasin Ajak Masyarakat Terima WNI dari Wuhan Anggota Komisi IX DPR RI FPKB, Nur Yasin bersama Anggota Komisi IX lainnya berswafoto di Bandata Halim Perdanakusuma menyambut WNI dari Natuna (foto istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Tanggal 15 Februari 2020 adalah hari terakhir bagi 238 WNI menjalani masa observasi dan karantina di Natuna. Sebanyak tiga pesawat disiapkan oleh TNI AU untuk membawa mereka yang telah menjalani observasi selama 14 hari. Para WNI di Natuna tersebut diterbangkan menuju Halim Perdanakusuma yang selanjutnya kembali ke rumah masing-masing.

“Jam 14.00 mereka akan diberangkatkan serentak dari Natuna ke Halim dan di Halim akan diserahkan ke masing-masing pemda dari 30 Provinsi,” kata Anggota Komisi IX DPR RI, Nur Yasin dalam keterangannya.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menjelaskan, dari 238 orang tersebut, 65 diantaranya berasal dari Jawa Timur dan merupakan prosentase terbesar. Mayoritas dari mereka adalah mahasiwa yang belajar di sejumlah Universitas di Wuhan.

Selama masa observasi mereka diterima dengan baik oleh masyarakat Natuna, walau di awal sempat terjadi penolakan dari masyarakat setempat karena kurangnya informasi yang memadai dari pemerintah.

“Namun berjalannya waktu, masyarakat Natuna menjadi faham maksud baik pemerintah memilih Natuna sebagai lokasi observasi. Untuk itu, sebagai wakil rakyat Jatim, saya ucapkan terimakasih banyak pada masyarakat Natuna,” ungkap Nur Yasin.

Bendahara Umum DPP PKB ini menambahkan, selama 14 hari masa observasi, WNI tersebut mendapat pelayanan yang baik di bawah bimbingan dan pengawasan dari Tim yang dibentuk pemerintah yang terdiri dari ahli dari Kemenkes, TNI dan Polisi.

Usai menjalani masa observasi tersebut, Nur Yasin mengajak masyarakat di kota asal menerima mereka dengan baik. Mengingat penanganan telah dilakukan dengan standar WHO secara baik dan masing-masing dinyatakan sehat dan mendapat sertifikat dari Kemenkes.

“Tidak perlu diragukan. Hindari stigma negatif masyarakat seolah-olah mereka pembawa virus. Sekali lagi mereka telah dinyatakan sehat setelah melalui penelitian yang lengkap,” tukas Nur Yasin.

Tags : PKB , Nur Yasin , Corona , Natuna