Pesan Cak Imin ke Kader Muda PKB: Kreatif, Inovatif dan Berani

| Rabu, 19/02/2020 16:28 WIB
Pesan Cak Imin ke Kader Muda PKB: Kreatif, Inovatif dan Berani Ketua Umum DPP PKB, Abdul Muhaimin Iskandar membuka diskusi rutin Reboan di kantor DPP PKB (foto Radarbangsa/AL)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mendorong kader muda PKB mengoptimalkan tiga peran, yaitu kreatifitas, inovasi dan keberanian untuk mengambil peran.

Hal ini diutarakan Cak Imin saat menghadiri Diskusi Reboan dengan tema Manifesto Partai Politik dan Relevansinya bagi Kebijakan Perjuangan Publik di kantor DPP PKB, Rabu, 19 Februari 2020.

“Ada tiga hal (yang perlu dilakukan kader muda PKB). Pertama, kreatif, inovatif dan keberanian untuk mengambil peran. Karena di tempat lain sudah melakukan itu. Pak Jokowi berani merekrut menteri muda, mengeksplore ruang kepada anak muda untuk menjadi staf khusus,” pesan Cak Imin.

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat ini menyebut PKB sejak didirikan tidak hanya memberi ruang seluas-luasnya kepada perempuan, tetapi juga kepada kaum muda. “Hari ini dunia politik tiba-tiba saja diisi oleh kalangan muda. Alhamdulillah PKB juga sejak lahir telah memberi ruang yang sangat luas bagi para pemuda,” kata Cak Imin.

Dia berkisah KH. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur yang saat mendirikan PKB memberi ruang dan `memaksakan` anak muda hadir di partai berlambang bola bumi itu sampai ada penggabungan selisih jarak 4 generasi di dalam sebuah kepengurusan.

Menurut Cak Imin, saat itu banyak orang kaget, tidak menyangka, frustasi hingga marah. “Termasuk korbannya saya ini. Saya saat itu menjadi orang yang paling dibenci karena masih muda sudah tiba-tiba punya peran, kesempatan yang luas. Sementara yang senior sudah ngantri lama tetapi tidak punya peran,” tutur dia.

Cak Imin menilai, langkah Gus Dur tersebut merupakan teladan keberanian bagi generasi penerusnya. Bahwa dalam politik peran kaum muda sangat penting hingga manfaatnya pun dirasakan PKB saat ini.

“Keberanian Gus Dur telah memetik hasilnya pada Pemilu 2019, bahwa PKB betul-betul menjadi terbaik dan terbesar bagi generasinya. Bahkan melampaui yang lain. Kalau dari basis Islam, PKB bukan hanya terbesar di Indonesia, tapi juga terbesar di dunia pemilihnya. Tidak ada partai berbasis Islam dengan pemilih 13 juta di manapun,” tegas Cak Imin.

“Ini menjadi bukti bahwa energy kaum muda sangat penting. Nah yang hadir ini (para tenaga Ahli DPR RI Fraksi PKB peserta diskusi Reboan) muda semua. Pertanyaannya, muda cerdas apa enggak? Kan begitu,” tutur dia.

Tags : Cak Imin , PKB , Kader Muda

Berita Terkait