Luluk Nur Hamidah Dorong KKP Optimalkan Potensi Pesisir Selatan Wonogiri

| Rabu, 26/02/2020 10:05 WIB
Luluk Nur Hamidah Dorong KKP Optimalkan Potensi Pesisir Selatan Wonogiri Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PKB, Luluk Nur Hamidah (foto Radarbangsa)

WONOGIRI, RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi IV DPR RI, Luluk Nur Hamidah menyebut pesisir Selatan Jawa Tengah, Wonogiri dan wilayah Jawa yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia merupakan raksasa tidur dalam ekonomi perikanan laut, termasuk potensi perikanan air tawar.

Akan tetapi, Luluk menyayangkan daerah pesisir Selatan Pulau Jawa tersebut kurang mendapatkan perhatian padahal Samudera Hindia memberikan tawaran-tawaran kekayaan laut yang bisa dimanfaatkan dari pesisir Selatan Pulau Jawa. Salah satu potensinya, adalah perikanan ikan tuna, cakalang dan tongkol.

“Fakta bahwa sampai saat ini dukungan infrastruktur di Pesisir Selatan Pulau Jawa masih minim, investasi dan pengembangan perikanan pun di sejumlah kabupaten yang berbatasan dengan Samudera Hindia tersebut belum memenuhi harapan kesejahteraan nelayan,” kata Luluk dalam keterangannya, Rabu, 26 Februari 2020.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menuturkan, salah satu syarat agar sektor perikanan berkembang adalah adanya pembangunan pelabuhan dan prasarana dan sarana yang mendukung petani saat melaut.

Namun pada faktanya untuk infrastruktur di Pantai Selatan hanya Pelabuhan di Cilacap yang merupakan pelabuhan satu-satunya di pesisir Selatan Pulau Jawa yang memadai.

“Bisa dikatakan belum ada yang berani menggarap laut Wonogiri, selain Potensi Ikan Tuna laut Wonogiri kaya akan potensi rumput dan ikan laut. Sayangnya, kekayaan alam itu belum bisa dioptimalkan untuk kemakmuran daerah. Jika dipertanyakan apa masalahnya, selalu jawabannya klasik yakni faktor geografis dan keterbatasan anggaran,” ungkap Luluk.

Kedepannya, Politisi yang biasa disapa Mbak Luluk ini berharap agar Pemerintah khususnya Kementerian Kelautan dan Perikanan segera meninjau sekaligus memanfaatkan potensi Selatan Pulau Jawa, Wonogiri.

Dia juga meminta pemerintah melakukan pembenahan infrastruktur untuk mendukung perikanan tangkap di Samudera Hindia yang kaya akan sumber daya hayati laut.

“Pelabuhan harus ditambah agar mampu mendukung program Gemarikan (Gemar Memasyarakatkan Makan Ikan) khususnya di Wilayah Wonogiri,” tutur Legislator asal Dapil Jateng IV ini.

Dari sejumlah program KKP yang diajukan di depan rapat dengan Komisi IV DPR RI, Mbak Luluk menilai KKP belum benar-benar memperhatikan nelayan yang berada di Selatan Pulau Jawa, yang diperhatikan masih pada perairan primadona seperti Laut Jawa dan sekitarnya padahal saat ini Laut jawa sudah overfishing sedangkan perikanan di Samudera Hindia dimana kita memiliki ZEE tidak tergarap.

“Jika memang dibutuhkan investasi besar untuk mengembangkan potensi laut di Wonogiri, jika memang pemerintah belum mampu, maka sepatutnya dibuka kesempatan investasi perikanan untuk menghidupkan perekonomian Wonogiri dan Pesisir Selatan Pulau Jawa lainnya,” tutupnya.

Tags : PKB , Luluk Nur Hamidah , Wonogiri , KKP