Gelar Pelatihan Medsos, Anggia: Radikalisme dan Hoax Dapat Ditangkal dengan Konten Positif

| Kamis, 12/03/2020 18:16 WIB
Gelar Pelatihan Medsos, Anggia: Radikalisme dan Hoax Dapat Ditangkal dengan Konten Positif Anggota DPR RI dari Fraksi PKB Anggia Erma Rini menggelar Pelatihan Media Sosial di Blitar, Kamis (12/3). (Foto: istimewa)

BLITAR, RADARBANGSA.COM - Radikalisme dan hoax menjadi dua musuh utama dunia maya dewasa ini. Kecerdasan dan keaktifan bermedsos dengan konten-konten positif serta inspiratif menjadi upaya yang dapat mereduksi paparan radikalisme dan hoax.

Baca Juga: Kasatkornas Banser Alfa Isnaeni Wafat, Anggia Sampaikan Duka Mendalam

Demikian disampaikan Anggota DPR RI dari Fraksi PKB Anggia Erma Rini dalam Pelatihan Media Sosial "Menguatkan Cyber SAE untuk Mengcounter Radikalisme dan Berita Hoax", Kamis, 12 Maret 2020 di Blitar. Cyber SAE (Sahabat Anggia Erma Rini) adalah pasukan internet yang dibentuk Anggia Erma Rini dalam rangka penguatan agenda-agenda kebangsaan, kepartaian, dan diseminasi Islam Nusantara, Islam Rahmatan Lil `Aalamiin.

"Anak-anak muda NU dan PKB wajib kreatif, inovatif, plus solutif menyelesaikan persoalan dampak negatif medsos. Radikalisme dan hoax dewasa ini, pelakunya banyak menyasar anak milenial. Di tangan merekalah masa depan bangsa ini dipertaruhkan," kata Anggia.

Salah satu narasumber pelatihan adalah Fauzan, pemuda kelahiran Malang yang selama ini aktif bergiat di medsos, sekaligus Founder Majelis Kopi. Disampaikannya, ada aspek penting yang wajib dimiliki Cyber SAE. "Pertama, kita harus paham siapa yang kita lawan dan siapa musuh kita di medsos. Kedua, memperkuat counter wacana kontra radikalisme. Pemahaman yang kuat tentang aswaja nahdliyyah akan memudahkan kita menaklukkan mereka," ujarnya.

Baca Juga: Anggia Erma Rini: Pasien Positif Virus Corona dan Perawat Perlu Perhatian Khusus

Diketahui, Pelatihan ini diikuti sekitar 250 orang kader muda Nahdlatul Ulama dan aktivis OKP di wilayah Blitar, Tulungagung, dan Kediri. "Fokus Cyber SAE adalah mengaktifkan sel-sel tidur yang selama ini dimiliki anak-anak muda. Harapan besar kita semua di masa depan adalah mereka. Hoax dan radikalisme adalah musuh bersama yang harus ditangani sesegera mungkin, sebelum menjadi virus negatif yang menjalar cepat, seperti yang terjadi dengan kehancuran dan perang saudara di Timur Tengah," kata Anggia.

Pelatihan Media Sosial menjadi salah satu agenda reses Anggia Erma Rini di Dapil Jawa Timur VI meliputi Kediri, Blitar, dan Tulungagung.

Tags : Anggia Erma Rini , Pelatihan Medsos , Milenial , Radikalisme

Berita Terkait