Legislator PKB Sumbar Minta Masyarakat Hati-hati Sebar Informasi Korban Positif Corona

| Rabu, 01/04/2020 16:22 WIB
Legislator PKB Sumbar Minta Masyarakat Hati-hati Sebar Informasi Korban Positif Corona Firdaus (Anggota DPRD Sumatera Barat dari Fraksi PKB). (Foto: istimewa)

PADANG, RADARBANGSA.COM - Anggota DPRD Sumatera Barat (Sumbar), Firdaus meminta penyampaian informasi terkait status pasien maupun jumlah korban yang terinfeksi Virus Corona atau Covid-19 harus di sampaikan secara jelas dan tegas.

Dikatakannya, kepastian informasi harus diterima dari Pihak Laboratorium maupun Dinas Kesehatan. Sebab, lembaga tersebut merupakan lembaga yang memiliki kewenangan penuh dalam menyampaikan informasi yang berhubungan dengan Virus Corona kepada masyarakat.

“Meskipun informasi itu sudah jelas jangan disebarkan melalui media sosial kepada kalangan masyarakat, berikan informasi tersebut kepada orang yang berkompeten di bidangnya, sehingga tidak menimbulkan informasi yang keliru,” ujar Firdaus.

Baca Juga: Lawan Corona, Legislator PKB Ajak Masyarakat Sumbar Patuhi Himbauan Pemerintah

Legislator Fraksi PKB juga meminta kepada masyarakat untuk tidak mudah mempercayai informasi yang diterima melalui media sosial dan masyarakat juga tidak dibenarkan memberikan informasi yang tidak jelas sumbernya.

“Jika ada masyarakat yang menerima informasi dari sumber yang tidak jelas, jangan ikut-ikutan menyebarkannya kepada yang lainnya,” katanya.

Firdaus mengatakan, jika ada keluarga maupun warga yang positif corona di lingkungan sekitar. Jangan panik dalam menghadapi kasus tersebut dan jangan melakukan hal-hal diluar dugaan yang mengatasnamakan pertolongan pertama terhadap penderita Corona tersebut.

“Dia itu kan sakit bukan karena kehendaknya, tetaplah waspada, jaga jarak dan lakukan pola hidup bersih serta menjaga kebersihan lingkungan,” katanya.

Baca Juga: Legislator PKB Donasikan Gaji untuk Tangani Corona di Sumbar

Dia menghimbau kepada masyarakat, untuk merespon secara positif warga yang telah dinyatakan positif terjangkit virus corona dan tetap menjaga keamananan dan kenyamanan lingkungan. Sebab, respon yang diberikan secara positif akan membantu keluarga atau masyarakat kita untuk percaya diri melawan penyakit yang dideritanya.

“Jangan isolasi mereka dengan sanksi sosial, hal itu akan membuat dia menjadi putus asa dan bahkan bisa meninggal karena merasa tidak di anggap lagi,” tandasnya.

Firdaus mengingatkan masyarakat agar tetap berfikir positif ditengah wabah virus corona ini. “Apabila kita berfikir positif, secara otomatis tubuh kita menghasilkan kekebalan tubuh dan petambahan Imun dalam tubuh, sehingga tidak mudah terjangkit penyakit,” pungkasnya.

Tags : Sumatera Barat , PKB , COVID-19