Pertahankan Daya Beli Masyarakat, Idham Arsyad: Pemerintah Beli Hasil Panen Petani

| Rabu, 08/04/2020 18:49 WIB
Pertahankan Daya Beli Masyarakat, Idham Arsyad: Pemerintah Beli Hasil Panen Petani Ketua Umum DPN Gerbang Tani, Idham Arsyad (dok Twitter @IdhamArsyad_GT)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Ketua Umum DPN Gerbang Tani, Idham Arsyad mengatakan, program pemerintah soal jaring pengaman sosial, data harus akurat dan penyalurannya harus tepat sasaran.

“Data mengenai penerima manfaat dari program pengamanan sosial untuk pangan, penting akurat dan tepat sasaran, karena ini berkaitan dengan akses terhadap pangan, terkadang stok pangan tersedia akan tetapi tidak semua orang bisa mengaksesnya,” kata Idham Arsyad saat menyampaikan materinya dalam diskusi daring yang digelar Radesa Institute, Rabu 8 April 2020.

Selain itu, menurut Idham, anggaran pemerintah harus diarahkan untuk membeli dan menyerap hasill panen petani. Hal ini dilakukan dalam kerangka mempertahankan daya beli dan kesejahteraan masyarakat atau petani.

Idham juga mengingatkan pemerintah agar mampu mencegah spekulan pangan sehingga dalam situasi krisis harga pangan tetap terjaga dan stabil.

“Pemerintah juga harus mencegah spekulan pangan karena kadang-kadang di lapangan spekulan ini memanfaatkan situasi krisis yang mengakibatkan harga pangan tinggi meskipun produksi melimpah,” tukasnya.

Tags : Idham Arsyad , Gerbang Tani

Berita Terkait