Cegah Penularan Covid-19, Pemerintah Sarankan Masyarakat Gunakan Layanan Telemedicine

| Selasa, 28/04/2020 04:01 WIB
Cegah Penularan Covid-19, Pemerintah Sarankan Masyarakat Gunakan Layanan Telemedicine Juru Bicara Pemerintah untuk COVID-19 Achmad Yurianto (foto: humas BNPB)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Juru Bicara Pemerintah untuk COVID-19 Achmad Yurianto menghimbau masyarakat untuk menggunakan layanan telemedicine untuk konsultasi dengan dokter hingga membeli obat dilakukan secara online saja.

Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya penularan virus saat dalam perjalanan maupun di rumah sakit. Menurut Yurianto, kemungkinan penularan jenis-jenis virus termasuk SARS-CoV-2 di rumah sakit sangat tinggi.

"Kita berharap layanan konsultasi medis sudah lebih banyak didorong untuk tidak menggunakan kunjungan rumah sakit, tidak bertemu secara langsung, tidak memberikan ruang untuk kontak dekat dengan banyak orang di rumah sakit," kata Achmad Yurianto dalam keterangan persnya di Graha BNPB Jakarta, Senin 27 April 2020.

Yuri, sapaan akrabnya menjelaskan bahwa layanan telemedicine di Indonesia telah memiliki 12 layanan perusahaan kesehatan digital yang tergabung dalam Indonesia Telemedicine Association atau Atensi.

Selain melalui layanan tersebut, katanya, masyarakat juga bisa menggunakan konsultasi medis secara daring yang disediakan oleh BUMN, ”Data sampai saat ini sudah lebih dari 300 ribu masyarakat yang sudah memanfaatkan layanan telemedicine, ini yang kita harapkan hari ke hari semakin meningkat sehingga lebih memudahkan layanan konsultasi medis," jelasnya.

Tags : Virus Corona , Covid19 , Achmad Yurianto

Berita Terkait