Cegah Penyebaran Covid-19, ASN Wajib Patuhi Larangan Mudik

| Kamis, 30/04/2020 17:48 WIB
Cegah Penyebaran Covid-19, ASN Wajib Patuhi Larangan Mudik Aparatur Sipil Negara (ASN). (Foto: Ilustrasi)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) mengatur kebijakan bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) harus mematuhi pembatasan kegiatan bepergian keluar daerah atau mudik guna mencegah penularan wabah COVID-19.

"Dalam kebijakan ini ASN itu dalam posisi harus patuh. Mau tidak mau harus melaksanakan kebijakan ini," kata Asisten Deputi Integritas dan Evaluasi Sistem Merit KemenPAN-RB Ir. Bambang D. Sumarsono di Graha BNPB Jakarta, Kamis 30 April 2020.

Menurut Bambang, ASN harus melaksanakan ketentuan demi kepentingan nasional yang lebih besar, dalam hal ini adalah untuk membatasi penularan wabah COVID-19 lebih luas lagi. Jumlah ASN di seluruh Indonesia hampir mencapai 4,3 juta orang merupakan jumlah yang tak sedikit.

"Jadi dalam surat edaran MenPAN-RB Nomor 46 Tahun 2020 ini isinya adalah bahwa ASN dibatasi kegiatan bepergian keluar daerah atau termasuk mudik. Jadi mudik ini sama sekali tidak diijinkan,” pungkas Bambang.

Namun demikian, kata Bambang, ada beberapa alasan yang dapat diajukan sebagai syarat sehingga permohonan cuti diizinkan. Di antara pengajuan cuti yang diperbolehkan adalah cuti melahirkan dan sakit parah.

"Kalau mau melahirkan ya mau tidak mau (harus) diberi cuti," katanya.

Tags : ASN , Virus Corona , Covid-19 , Mudik Lebaran