Bantu UMKM, Kemendesa PDTT Gandeng Shopee

| Kamis, 30/04/2020 20:20 WIB
Bantu UMKM, Kemendesa PDTT Gandeng Shopee Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar (kelima dari kanan) foto: kemendesagoid

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dan Shopee menjalin kerjasama untuk membantu para UMKM terdampak COVID-19 dimulai dari 7 Kabupaten di Indonesia dan secara bertahap meluas ke Kabupaten lainnya.

Dirjen Pembangunan Daerah Tertinggal, Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Samsul Widodo mengatakan, dalam masa pandemi penyebaran virus COVID-19 yang juga bersamaan dengan bulan suci Ramadan saat ini, penting untuk bisa turut andil dalam memberikan dampak positif terhadap sesama, terutama kepada para pelaku UMKM yang berjuang selama masa pandemi ini. 

"Kami mengapresiasi berbagai dukungan yang diberikan, termasuk menyambut baik kerjasama jangka panjang yang kami lakukan dengan Shopee untuk para pelaku UMKM terdampak COVID-19 ini. Kami berharap, program kerjasama ini dapat senantiasa menjaga keberlangsungan usaha UMKM di Indonesia,” kata Samsul dalam pers rilisnya lewat kemendesagoid, Kamis 30 April 2020.

Head of Public Policy and Government Relations, Shopee Radityo Triatmojo menyampaikan, sudah menjadi tanggung jawab Shopee untuk andil dalam membantu pihak-pihak terdampak COVID-19, khususnya UMKM binaan kami di Indonesia, ”Melalui kerjasama yang dijalin dengan Kemendes PDTT ini, kami berharap dapat senantiasa menciptakan dampak positif untuk keberlangsungan para UMKM Indonesia melalui program-program pelatihan online yang diberikan di lebih dari 7 Kabupaten Indonesia,” katanya.

Adapun beberapa program yang didukung dan diberikan oleh Shopee sebagai berikut:

1. Melancarkan Logistik dalam Situasi PSBB: Dalam upaya mendukung imbauan pemerintah untuk tetap berada di rumah, Shopee membantu para pelaku UMKM untuk dapat meminimalisir jumlah karyawan yang bekerja di toko offline melalui edukasi logistik secara online.

2. Dukungan Modal Kerja dari Shopee: Para pelaku UMKM terdampak COVID-19 diberikan sejumlah modal oleh Shopee melalui program stimulus bantuan 100 Miliar untuk para UMKM binaan Shopee yang terdampak.

3. Dukungan Beroperasi Online di Shopee: Shopee memberikan pelatihan kepada para UMKM binaan di lebih dari 7 Kabupaten Indonesia agar bisa mengadaptasikan dan mengembangkan bisnisnya ke ranah online.

4. Pendekatan Literasi Digital untuk Dongkrak Performa Bisnis dari Shopee: Pelatihan bagi para UMKM terdampak COVID-19 dalam melihat peluang untuk dapat secara efektif meningkatkan performa bisnisnya secara online, yang didukung oleh aplikasi Shopee.

Tags : Kemendesa PDTT , Gus Halim , Shopee