Kim Jong Un Dilaporkan Muncul Kembali di Depan Publik

| Sabtu, 02/05/2020 13:50 WIB
Kim Jong Un Dilaporkan Muncul Kembali di Depan Publik Kim Jong Un hadir di Pembukaan Pabrik Pupuk (Doc: Aljazeera)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Media Pemerintah Korea Utara (KCNA) melaporkan aktivitas terbaru Kim Jong Un setelah selang 20 hari lamanya tidak menampakkan diri.

KCNA melaporkan bahwa pemimpin Korea Utara itu tengah meresmikan pembukaan sebuah pabrik pupuk. Didalam laporan tersebut juga memuat respon pekerja pabrik yang bersorak sorai “hore" ketika Kim muncul pada hari Jumat, 1 Mei 2020.

“Untuk pemimpin tertinggi yang memimpin pawai semua orang demi mencapai tujuan besar kemakmuran,” papar KCNA.

Pada agenda tersebut, Kim juga didampingi oleh beberapa pejabat senior Korea Utara, termasuk saudara perempuannya Kim Yo Jong.  Kim mengatakan dirinya puas dengan sistem produksi pabrik, dan memujinya karena berkontribusi pada kemajuan industri kimia dan produksi pangan negara itu. Demikian laporan yang ditulis oleh KCNA.

Sebagaimana diketahui, sebelum ini banyak muncul berita sensasional terutama di media AS bahwa pemimpin Korea Utara itu dalam kondisi kritis setelah menjalani operasi jantung.

BBC menyampaikan jika tampaknya Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo yang menyalakan rumor pada 29 April, dengan mengatakan baru-baru ini para pejabat AS "belum melihat" Kim.

Namun, Reuters justru mendapat pernyataan dari pemerintah Korea Selatan, dan sumber-sumber intelijen di Cina yang berkata sebaliknya dan mengatakan hal tersebut tidak benar.

Presiden AS Donald Trump yang juga ditanya tentang kemunculan Kim juga belum mau  berkomentar apapun kepada wartawan.

 

Tags : Kim Jong Un , Korut

Berita Terkait