Presiden Jokowi Lantik Boy Rafli Amar jadi Kepala BNPT

| Rabu, 06/05/2020 13:53 WIB
Presiden Jokowi Lantik Boy Rafli Amar jadi Kepala BNPT Kepala BNPT, Irjen Pol Boy Rafli Amar (foto Radarbangsa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Irjen Pol Boy Rafli Amar menjadi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 6 Mei 2020.

Seusai dilantik, Boy Rafli Amar mengatakan dalam menjalankan tugasnya yang baru, ia akan fokus meningkatkan kerja sama di dalam negeri dan luar negeri dalam hal penanggulangan terorisme.

"Fokus kami akan lebih meningkatkan kerja sama di dalam negeri maupun luar negeri. Karena kita tahu bahwa terorisme adalah kejahatan transnasional crime, kejahatan yang terorganisasi, luar biasa. Jadi perlu suatu jalinan kerja sama semua pihak yang maksimal," kata Boy Rafli Amar di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

Menurut dia, fokus tersebut sesuai dengan arahan Presiden Jokowi menitipkan terkait pentingnya melakukan kerja sama dengan seluruh elemen masyarakat dan tokoh agama dalam rangka memoderasi pemikiran yang selama ini mengarah kepada radikal.

Sebab, lanjutnya, upaya mengantisipasi ancaman bahaya terorisme, tidak cukup hanya dilakukan oleh unsur-unsur petugas aparat negara.

Dia juga mengatakan akan meningkatkan upaya deradikalisasi yang sudah ada. Boy juga mengajak semua elemen negara tak menganggap remeh setiap gelagat yang mengarah kepada perbuatan teror.

"Pak Presiden juga memberikan instruksi kepada saya agar upaya deradikalisasi yang telah tercapai ditingkatkan seperti program mantan narapidana terorisme yang bekerja sama dengan BNPT serta mengikutsertakan ulama dalam memberikan pencerahan kepada masyarakat," ujarnya.

Tags : Jokowi , Boy Rafli Amar , BNPT