Kritik Kebijakan Menhub, Nabil Haroen: Jangan Sampai Kontraproduktif!

| Jum'at, 08/05/2020 20:02 WIB
Kritik Kebijakan Menhub, Nabil Haroen: Jangan Sampai Kontraproduktif! Muchamad Nabil Haroen (Anggota Komisi IX DPR RI). (Foto: dprgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kebijakan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang membolehkan kembali transportasi beroperasi menuai kritik dari sejumlah kalangan. Tak terkecuali dari Anggota DPR RI.

Anggota Komisi IX DPR Nabil Haroen menyatakan, pemerintah seharusnya fokus kebijakan untuk menurunkan kurva kasus positif virus corona, bukan justru mengijinkan transportasi beroperasi.

"Ini yang harus jadi catatan, bahwa jangan sampai kebijakan-kebijakan yang ada justru bertentangan dengan penanganan Covid-19 dari sisi medis," kata Nabil kepada wartawan, Jumat, 8 Mei 2020.

Politikus PDIP ini mengatakan, sektor transportasi memang terdampak bisnisnya karena tak bisa beroperasi normal selama pandemi. Namun, dia tegaskan tak perlu ada kebijakan yang kontraproduktif terhadap penanganan Covid-19.

"Jangan sampai ada overlapping kebijakan. Kebijakan pembukaan transportasi umum jangan sampai kontraproduktif dengan kebijakan PSBB, misalnya. Jadi, di antara kementerian harus ada sinkronisasi kebijakan," kata Nabil.

Nabil menyarankan, sebaiknya pemerintah menjamin distribusi logistik. Dia minta ada kepastian dan dukungan infrastruktur agar sektor logistik terjaga.

"Sekarang banyak petani dan pengusaha yang kesulitan menjual produknya, karena keterbatasan transportasi. Karena jalur transportasi terhambat, penjualan menurun drastis dan harga jauh di bawah standar. Ini yang harus menjadi catatan bersama," pungkasnya.

Tags : Covid19 , Nabil Haroen , Menhub , Transportasi

Berita Terkait