Kemenkes Terima Bantuan 3 Ambulan dan Jasa Antar Jemput Nakes Covid-19

| Rabu, 20/05/2020 19:20 WIB
Kemenkes Terima Bantuan 3 Ambulan dan Jasa Antar Jemput Nakes Covid-19 Kemenkes terima bantuan 3 unit ambulan untuk penanganan Covid-19 (foto: kemkesgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Kesehatan RI menerima bantuan 3 Ambulans dari PT Toyota-Astra Motor.  Bantuan ini diterima langsung oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI Oscar Primadi dari Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor, Susumu Matsuda di Gedung Kemenkes, Jakarta, Rabu 20 Mei 2020.

Selain ambulan, PT Toyota-Astra Motor juga memberikan bantuan sebanyak 59.500 item Alat Pelindung Diri berupa gloves, protection clothes, disposable medical mask, shoe cover, face shield, medical cap dan medical sun glasses, serta vitamin untuk para tenaga kesehatan.

Menkes Terawan Agus Putranto mengapresiasi pemberian sumbangan tersebut. Ia melanjutkan bahwa 3 ambulans itu akan didistrubusikan ke Papua,“Ambulans akan dikirimkan ke Papua mengingat di sana lebih membutuhkan karena geografis yang kurang baik,” katanya dikutip laman kemkesgoid.

Matsuda menyambut baik rencana Menkes Terawan untuk mengirimkan ambulans tersebut ke Papua, “Kami serahkan ke Kementerian Kesehatan untuk mendistribusikan semua bantuan itu. Kami berharap bantuan ini bisa berguna bagi tenaga kesehatan dalam mengatasi masalah Covid-19 di Indonesia,” ujarnya.

3 unit ambulans itu berupa mobil jenis Kijang Innova yang telah dilengkapi dengan peralatan medis standar (fixed central gas syatem, automatic stretcher roll, multi sound sirene system, medical tool cabinet, wash basin, disinfectant). Sementara untuk 48 unit mobil antar-jemput tenaga kesehatan berupa mobil jenis Avanza beserta pengemudi selama 2 bulan.

Menkes Terawan berharap dengan adanya bantuan ini bisa mempercepat penanganan Covid-19 di Indonesia, “Kepedulian ini sangat berarti bagi jajaran kesehatan dalam penanganan Covid-19. Semoga dengan adanya bantuan ini masalah Covid-19 bisa cepat terselesaikan,” kata Teawan.

Tags : Kemenkes , Menteri Terawan Agust Putranto