Hari Kemerdekaan Georgia dalam Balutan Sejarah

| Selasa, 26/05/2020 17:39 WIB
Hari Kemerdekaan Georgia dalam Balutan Sejarah Duta Besar Georgia, H.E. Tuan Irakli Asashvili (foto istimewa)

Oleh: H.E. Tuan Irakli Asashvili*

RADARBANGSA.COM - Pada tanggal 26 Mei, Georgia merayakan Hari Nasionalnya, yang menandai hari deklarasi kemerdekaan pada tahun 1918 dan pembentukan republik demokratis pertama. Ini adalah hari yang sangat istimewa dalam sejarah Georgia, karena berkonotasi dengan momen menentukan bagi status kenegaraan modern Georgia dalam sejarahnya selama tiga ribu tahun.

Sayangnya, setelah 3 tahun merdeka, pada tahun 1921, Georgia dianeksasi oleh Tentara Merah Soviet selama 70 tahun berikutnya sampai Georgia mendapatkan kembali kemerdekaannya pada tahun 1991 dan memulai transformasi demokrasi dan ekonomi yang tak tergoyahkan.

Pada hari istimewa ini untuk negara saya, saya ingin menguraikan beberapa fakta penting tentang Georgia serta menyoroti kemitraan Georgia yang berkembang dengan Indonesia, teman baik dan mitra kami. Salah satu kisah sukses yang paling luar biasa dari jalan kemerdekaan Georgia adalah reformasi kelembagaan dan ekonominya yang revolusioner yang dengan cepat mengubah Georgia menjadi negara berkembang yang cepat dan sukses dengan lingkungan bisnis yang menguntungkan. Menurut laporan World Bank Doing Business 2020, Georgia berada di peringkat ke-7 di antara 190 negara dalam hal kemudahan berbisnis, turun dari posisi ke-6 pada tahun sebelumnya.

Birokrasi yang efisien, tingkat korupsi yang rendah, perjanjian perdagangan bebas dengan ekonomi utama dan manfaat pajak yang dinikmati oleh perusahaan-perusahaan yang didirikan di Zona Ekonomi Bebas menjadikan Georgia sebuah tujuan yang menguntungkan untuk Investasi. Sementara itu, tingkat kejahatan yang rendah, tenaga kerja terampil, dan infrastruktur yang berkembang dengan baik adalah insentif lebih lanjut bagi investor.

Selain iklim bisnis yang menarik, saat ini pariwisata di Georgia berkembang dengan pertumbuhan rata-rata 10% selama 15 tahun terakhir. Ini disebabkan oleh kondisi alam dengan lebih dari 9 zona iklim, serta berkembangnya resor musim panas dan musim dingin, situs bersejarah kuno, budaya anggur tertua, dan masakan lezat. Pada tahun 2019, Georgia menjadi tuan rumah bagi lebih dari 9 juta turis internasional, yang sejauh ini merupakan jumlah yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Tujuan utama kebijakan luar negeri Georgia adalah integrasi penuh ke dalam struktur Eropa dan Euro-Atlantik. Perjanjian Asosiasi dengan Uni Eropa, termasuk area perdagangan bebas yang mendalam dan komprehensif, dan perjanjian perjalanan bebas visa, membuat Georgia lebih dekat dengan Uni Eropa. Georgia juga membuat langkah-langkah penting menuju NATO untuk menjadi anggota penuh dalam waktu dekat, yang kami lihat sebagai aspek dasar dari keamanan kami dan pengembangan ekonomi lebih lanjut.

Selain itu, Georgia sangat mementingkan peningkatan kemitraan dengan Wilayah Asia Tenggara. Dalam konteks ini, saya senang menyoroti bahwa Indonesia dan Georgia menjalin hubungan diplomatik pada tahun 1993, segera setelah Georgia memperoleh kembali kemerdekaannya dan sejak saat itu dua negara telah menikmati persahabatan dan kemitraan yang berkelanjutan. Pendirian Kedutaan Besar Georgia di Jakarta pada tahun 2012 memainkan peran penting dalam meningkatkan hubungan ini. Sementara itu, misi Georgia ke Indonesia adalah perwakilan diplomatik pertama Georgia di kawasan ASEAN.

Sayangnya tahun ini karena pandemi Covid-19, kami tidak dapat merayakan Hari Nasional Georgia di Jakarta di antara teman-teman dan kolega Indonesia kami yang terhormat, seperti yang biasanya kami lakukan setiap tahunnya. Namun, saya yakin bahwa kemitraan Indonesia-Georgia yang dimulai pada tahun 1993 akan menjadi semakin kuat dan kuat kita akan menyaksikan banyak pencapaian baru di tahun-tahun mendatang.

*Duta Besar Georgia untuk Indonesia

Tags : Georgia , Covid19 , Irakli Asashvili

Berita Terkait