Cuaca Ekstrem Diprediksi Melanda Sejumlah Wilayah Indonesia Hari Ini

| Sabtu, 06/06/2020 06:51 WIB
Cuaca Ekstrem Diprediksi Melanda Sejumlah Wilayah Indonesia Hari Ini Foto satelit prakiraan gelombang tinggi di Indonesia (foto bmkggoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis informasi peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah di Indonesia berlaku untuk Sabtu, 6 Juni 2020.

BMKG melalui laman resmi bmkg.go.id memprediksi sejumlah wilayah berpotensi hujan dengan intensitas lebat disertai angin kencang dan petir, yaitu:

Aceh

Waspada potensi terjadinya Hujan Lebat dapat disertai kilat/Petir Pada Siang Hari di wilayah Aceh Tenggara, Bireun, Gayo Lues, Pidie Jaya, Lhokseumawe, ACeh Utara, dan Aceh Timur. 

Bali

Waspadai potensi tinggi gelombang mencapai 2 meter atau lebih di Selat Bali, Selat Badung, Selat Lombok dan Samudera Hindia Selatan Bali.

Banten

Waspada potensi angin kencang di Kab. Pandeglang bagian Barat dan Selatan, Kab. Lebak bagian Selatan; Waspada gelombang tinggi di Samudera Hindia Selatan Banten, Perairan Selatan Banten, dan Selat Sunda bagian Selatan.

Bengkulu

Waspada potensi gelombang laut tinggi mencapai 3.5 M diperairan Bengkulu, mencapai 4.0 M diperairan Enggano dan Samudera Hindia Barat Bengkulu. Gorontalo

Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kikat/petir di wilayah Taluditi dan sekitarnya.

Jambi

Waspada hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di wilayah Kab. Sarolangun, Kab. Tanjung Jabung Timur, Kab. Muaro Jambi, Kab. Batanghari, Kab. Merangin, Kab. Tebo, Kab. Tanjung Jabung Barat, Kab. Bungo, Kota Jambi, Kab. Kerinci dan Kota Sungai Penuh.

Jawa Barat

Waspada potensi hujan lokal yang dapat di sertai kilat/petir dan angin kencang dalam durasi singkat pada sore hari di wilayah Kab. Bogor bagian selatan, Kab. Sukabumi, Kab. Cianjur bagian utara, Kab. Subang selatan, Kab. Purwakarta bagian utara, Kab Karawang bagian selatan.

Jawa Timur

Waspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada Siang-Sore hari di wilayah Bondowoso dan Malam hari di wilayah Lumajang.

Kalimantan Barat

Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai guntur/petir dan angin kencang berdurasi singkat hampir merata di wilayah Kalimantan Barat.

Kalimantan Selatan

Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang pada siang dan sore hari di wilayah Kota/Kab. Banjarmasin, Banjarbaru, Barito Kuala, Tapin, Hulu Sungai Selatan, Balangan, Tabalong dan sekitarnya.

Kalimantan Tengah

Waspada potensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang yang dapat terjadi di hampir seluruh wilayah Kalimantan Tengah.

Kalimantan Timur

Waspada potensi lebat yang disertai angin kencang dan kilat/petir di wilayah Muara Badak, Tabang, Laham, Balikpapan, Penajam, Samarinda, Tenggarong, Sebuku, Loa Janan Ilir, Muara Pahu, Muara Muntai dan Ling Apari pada pagi menjelang siang hari.

Kalimantan Utara

Waspada potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir pada sore dan malam hari di Wilayah Pujungan, Malinau Selatan Hulu, Malinau Selatan, Sungai Boh, Tulin Onsoi, Tana Tidung, Krayan , Krayan Selatan, Lumbis, Malinau Selatan Hilir, Peso Hilir, Malinau dan Lumbis Ogong.

Maluku

Waspada angin kencang lebih dari 30 KM/jam berpeluang terjadi di Kota Ambon, Tuak, Maluku Tengah, Maluku Tenggata, Kep. Aru, dan Kep. Tanimbar.

Maluku Utara

Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat di sertai petir dan angin kencang terjadi di wilayah Tobelo, Galela, Jailolo, Ibu, Kedi dan Loloda pada malam hari.

Nusa Tenggara Barat

Waspadai peningkatan kecepatan angin diwilayah NTB serta Waspadai tinggi gelombang yang mencapai lebih dari 2 meter di Selat Lombok bag. Selatan, Selat Alas bag.Selatan, Samudra Hindia Selatan NTB, dan Selat Sape bag. Selatan.

Nusa Tenggara Timur

Waspadai potensi angin kencang dan gelombang tinggi di wilayah Perairan NTT. Waspadai potensi angin kencang di wilayah P. Timor, P. Sabu, P. Sumba dan P. Rote. Waspadai potensi kebakaran lahan di wilayah NTT.

Sulawesi Barat

Potensi angin kencang mencapai 40 km/ jam di wilayah pesisir Kab. Polman dan Majene.

Sulawesi Selatan

Moderate Sea (Gel. 1.25-2.5 m) terjadi di Selat Makassar bagian selatan, Perairan Pare-Pare, Perairan Spermonde Pangkep bagian barat, Perairan Spermonde Makassar bagian barat, Perairan barat Kep. Selayar, Perairan Sabalana, Teluk Bone bagian selatan, Perairan timur Kep. Selayar,  Laut Flores bagian utara, dan Perairan P. Bonerate - Kalaotoa bagian utara.  - Rough Sea (Gel. 2.5-4.0 m) terjadi di Laut Flores bagian timur.

Sulawesi Tengah

Berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir/kilat dan angin kencang pada siang dan malam hari di wilayah Sigi, Donggala, Parimo, Poso, Touna, Morowali, Morowali Utara, Banggai, Bangkep, Banggai Laut, Tolitoli, dan Buol.

Sulawesi Tenggara

Berpotensi Hujan Sedang hingga Lebat yang dapat disertai Guntur dan Angin Kencang pada siang hingga sore hari di wilayah Kendari, Konawe, Konawe Utara, Konawe Selatan, Kolaka, Kolaka Utara, dan Kolaka Timur.

Sulawesi Utara

Waspada potensi hujan sedang hingga lebat dapat disertasi kilat/petir dan angin kencang di wilayah Manado, Tomohon, Minahasa Utara, Minahasa, Minahasa Selatan, dan Minahasa Tenggara.

Sumatera Selatan

Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang dengan durasi singkat pada waktu siang hingga sore hari di wilayah OKI, OKU Selatan, Muara Enim, Lahat, Pagaralam, Musi Rawas, Musi Banyuasin, Banyuasin.

Tags : BMKG , Cuaca Ekstrem