Waktu Terbaik Mengamati Komet Neowise yang Datang di Abad Ini

| Selasa, 21/07/2020 15:08 WIB
Waktu Terbaik Mengamati Komet Neowise yang Datang di Abad Ini Ilustrasi Komet Melintasi Langit (Doc: Kompas)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Tanggal 23 Juli nanti masyarakat Indonesia akan dapat menyaksikan Komet Neowise di langit angkasa. Komet yang datangnya hanya 6.800 tahun sekali ini akan berada di titik terdekat dengan bumi pada pukul 02.41.30 universal time atau 09.41.30 WIB.

Laman Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) melaporkan hal ini sebagai suatu peristiwa yang langka. Pasalnya Komet Neowise hanya bisa disaksikan sekali seumur hidup.

“Ia akan tampak di arah barat laut saat Matahari tenggelam," ujar Peneliti Pusat Sains Antariksa LAPAN.

Peneliti LAPAN mengatakan bahwa komet Neowise pertama kali diamati pada 27 Maret 2020 dengan magnitudo tampak +17. Nilai magnitudo ini semakin mengecil seiring komet mendekati Matahari.

Pada 10 Juni 2020, magnitudo komet tersebut mencapai +7, sedangkan pada 22 Juni 2020 komet ini sudah bermagnitudo +3.

Pada akhirnya, LAPAN merekomendasikan bagi masyarakat yang ingin melihat komet tersebut untuk mengamati di antara rentang tanggal 19 hingga 25 Juli setelah matahari terbenam di arah barat laut. Namun waktu terbaiknya tetap di tanggal 23 Juli.

Komet akan sulit dilihat mulai tanggal 26 Juli di wilayah yang menerima cahaya tinggi. Mulai 5 Agustus, komet juga sulit dilihat dengan mata telanjang di wilayah yang bebas polusi cahaya.

 

 

Tags : neowise , komet , lapan

Berita Terkait