Menteri PUPR Tinjau Persiapan Renovasi Stadion I Wayan Dipta Bali

| Jum'at, 07/08/2020 20:42 WIB
Menteri PUPR Tinjau Persiapan Renovasi Stadion I Wayan Dipta Bali Menteri PUPR Basuki Hadimuljono didampingi Gubernur Bali I Wayan Coster meninjau Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, dalam rangka persiapan venue Piala Dunia U-21 tahun 2021. (Foto: twitter @KemenPU)

DENPASAR, RADARBANGSA.COM - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melaksanakan langkah-langkah untuk memastikan secara detail kesiapan sarana dan prasarana, terutama stadion dan lapangan sepakbola, sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Untuk itu Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam kunjungan kerjanya didampingi Gubernur Bali I Wayan Koster meninjau persiapan renovasi Stadion I Wayan Dipta di Bali, Kamis, 6 Agustus 2020.

"Stadion I Wayan Dipta ini termasuk paling besar dari stadion lainnya yang telah ditetapkan Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) yang akan digunakan sebagai venue Piala Dunia FIFA U-20 2021. Saya ingin melihat apa yang akan perlu diperbaiki, karena kalau pertandingannya pada Mei 2021, maka Maret harus sudah selesai. Akan kita lelangkan pekerjaannya pertengahan Agustus 2020 dan langsung kita kerjakan," kata Basuki dilansir dari laman pu.go.id, Jumat, 7 Agustus 2020.

Dijelaskannya, renovasi yang akan dilakukan termasuk perbaikan mayor yang mencakup pekerjaan rehabilitasi struktur, arsitektur, mechanical electrical plumbing (MEP), perbaikan lapangan, perbaikan pencahayaan, perbaikan kursi dan papan skor (scooring board), serta penataan kawasan termasuk penataan parkir.

"Rumput akan kita ganti sama seperti di Stadion GBK, drainase di pinggir lapangan akan diperbaiki termasuk lintasan lari. Untuk pencahayaan juga masih kurang karena ada syarat minimum dari FIFA seperti di Stadion Manahan dan kursi penonton. Kemudian yang di dalam untuk para pemain fasilitas pendukungnya seperti ruang ganti, toilet, semua juga harus ada standarnya seperti di GBK," paparnya.

Selain Stadion I Wayan Dipta, lanjutnya, Kementerian PUPR juga akan merenovasi empat lapangan latihan sepakbola yang ada di Bali, yakni Stadion I Gusti Ngurah Rai, Lapangan Latihan Trisakti, Lapangan Latihan Gelora Samudra Kuta, dan Stadion Kompyang Sujana.

Turut hadir dalam tinjauan tersebut Wakil Bupati Gianyar Anak Agung Gde Mayun, Dirut PT Nindya Karya Haedar Karim, Direktur Bina Penataan Bangunan Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti, Kepala Balai Wilayah Sungai Bali Penida Maryadi Utama, Plh Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jawa Timur-Bali Sodeli, Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah (BPPW) Bali I Nyoman Sutresna, dan Kepala Biro Komunikasi Publik Endra S. Atmawidjaja.

Tags : Kementerian PUPR , Bali , Piala Dunia U-21 , Stadion

Berita Terkait