Selain Indonesia, 10 Negara ini Juga Bakalan Ulang Tahun di Bulan Agustus Juga loh

| Jum'at, 07/08/2020 21:25 WIB
Selain Indonesia, 10 Negara ini Juga Bakalan Ulang Tahun di Bulan Agustus Juga loh Bendera Asean (Doc: Shutterstock)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Pada Bulan Agustus ini, Indonesia akan merayakan Hari Ulang Tahun yang ke 75, tepatnya pada tanggal 17 Agustus nanti.

Hari Ulang Tahun Negara berarti adalah Hari Kemerdekaan yang pasti dimiliki oleh suatu negara untuk mengenang kembali kemenangan serta perjuangan negaranya di masa silam.

Nah, di Bulan Agustus ini tak hanya Indonesia saja yang akan merayakan Hari Ulang Tahunnya. Ada sepuluh negara lain yang akan turut menyemarakkan Bulan Agustus ini sebagai Bulan Kemerdekannya. Lalu apa saja negara – negara itu ?

1. Jamaika - 6 Agustus

Jamaika adalah sebuah negara yang terletak di Kepulauan Karibia. Jamaika merdeka pada tanggal 6 Agustus 1962 setelah dijajah oleh pemerintah kolonial inggris. Potensi terbesar dari Jamaika adalah negara dengan penghasil Bauksit nomor satu di Dunia. Kendati demikian, jika dari urutan dunia lainnya Jamaika masih tergolong kelas menengah ke bawah.

2. Singapura - 9 Agustus

Siapa yang tak kenal dengan dengan Singapura?. Rupanya negara tetangga ini ternyata juga merayakan HUT  di Bulan yang sama. Dua puluh tahun pasca Indonesia merdeka, Singapura menyusul kemerdekaanya tepatnya di tanggal 9 Agustus 1965. Saat ini Singapura berada di Posisi Runner Up sebagai Negara Termaju di dunia, mengikuti Amerika Serikat. Wah, semoga Indonesia biasa cepat menyusul.

3. Pakistan - 14 Agustus

Negara yang terletak di Asia bagian Selatan ini merayakan hari kemerdekaanya di tanggal 14 Agustus tahun 1947. Pakistan dahulunya merupakan bagian dari India. Keduanya dijajah oleh Inggris selama puluhan tahun. Saat merdeka, keduanya mengalami pemisahan wilayah yang sangat mendadak dan sangat rumit. Pemisahan wilayah kedua negara ini juga tak terlepas dari campur tangan pemerintah kolonial inggris yang waktu itu sedang berkuasa.

4. India - 15 Agustus

India merayakan hari kemerdekaanya satu hari pasca Paskitan merdeka, tepatnya pada tanggal 15 Agustus 1947.  Pada hari dimana Pakistan berhasil mendeklarasikan kemerdekaannya terjadi buntut panjang dengan India dan Pemerintah kolonial Inggris tentang bagaimana kemerdekaan kedua negara tersebut diproklamasikan dan tentang pemisahan kedua negara itu sendiri. Kesepakatan yang cukup panjang ini memakan waktu selama dua hari di tanggal 14-15 Agustus 1947. Alhasil, Hari Kemerdekaan India juga tidak jauh terjadi dari Hari Kemerdekaan Pakistan.

5. Korea Utara - 15 Agustus

Negara yang dikenal sebagai Negara Komunis ini merayakan hari lahirnya hanya berjarak dua hari sebelum Indonesia, yakni pada tanggal 15 Agustus 1945. Korea Utara dulunya merupakan bagian dari Republik Korea yang juga terdiri dari wilayah Korea Selatan. Keduanya terpisah pasca melalui berbagai pertempuran dari rentang tahun 1950 hingga 1953.

6. Korea Selatan - 15 Agustus

Negara yang disebut-sebut sebagai negara adidaya Asia ini berulang tahun pada tangal 15 Agustus 1945. Korea Selatan (Korsel) merupakan salah satu negara istimewa di mata sebagian masyarakat Indonesia. Hal ini lantaran Korsel berhasil memperkenalkan budaya negaranya di ranah dunia. Budaya Korsel kini juga banyak ditemui dan diikuti oleh sebagaian masyarakat kita.

7. Gabon - 17 Agustus

Gabon dikenal sebagai salah satu negara yang kaya di benua Afrika lantaran kandungan buminya. Uniknya, negara ini memiliki hari kemerdekaan yang sama persis dengan Indonesia, yakni tanggal 17 Agustus tetapi pada tahun 1960. Gabon memerdekakan diri pasca dijajah oleh  Pemerintah Kolonial Prancis.

8. Afghanistan - 19 Agustus

Afghanistan adalah salah satu negara yang lebih awal memproklamasikan kemerdekaannya diantara negara lainnya di Asia. Tepat pada tanggal 19 Agustus 1919, Afghanistan mengakhiri perang dengan Inggris dan berhasil mendeklarasikan negaranya sebagai negara yang bebas.

Kendati demikian, Afghanistan merupakan salah satu negara yang mengalami konflik perang terpanjang. Sejarah mencatat Afghanistan diinvasi oleh AS dari tahun 2001 hingga saat ini. Media menggembor-gemborkan jika anggota kelompok Al-Qaeda di Afghanistan yang bernama Osama Bin Laden telah melakukan penyerangan di AS dengan meledakkan Gedung WTC. Hingga kini AS terus melakukan invansi di Afghanistan tanpa adanya bukti yang jelas. Sedangkan PBB seakan-akan hanya menjadi patung sementara korban tak bersalah terus berjatuhan di Afghanista.

9. Ukraina - 24 Agustus

Ukraina merdeka pada tanggal 24 Agustus Tahun 1991. Bersama dengan Rusia, Ukraina dulunya merupakan anggota Uni Soviet. Ukraina dicatat sebagai negara yang memiliki konflik dengan Rusia dan sering menimbulkan beberapa perlawanan oleh kelompok pro Rusia di negaranya.

10. Malaysia - 31 Agustus

Negara terdekat dengan Indonesia ini juga ternyata merayakan HUT negaranya pada Bulan Agustus, tepatnya pada tanggal 31 tahun 1957. Indonesia mengalami banyak peristiwa historis dengan Malaysia sebagai akibat dari kedekatan secara geografis.

Tags : Merdeka , Agustus , Negara , Korut , Singapura

Berita Terkait