Indonesia Jadi Tuan Rumah Pertemuan Asian Trade Promotion Forum 2021

| Sabtu, 26/09/2020 09:21 WIB
Indonesia Jadi Tuan Rumah Pertemuan Asian Trade Promotion Forum 2021 President of Macao Trade and Investment Promotion Institute (IPIM), Benson Lau Wai Meng (foto: istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Indonesia resmi ditunjuk sebagai tuan rumah pertemuan tahunan ke-34 Asian Trade Promotion Forum (ATPF) CEO Meeting 2021.

Penunjukan tersebut disampaikan langsung President Macao Trade and Investment Promotion Institute, Lau Wai Meng, pada gelaran tahunan ke-33 ATPF CEO Meeting 2020 yang berlangsung secara daring, Kamis 24 September 2020 kemarin. 

"Menjadi tuan rumah dalam forum ini merupakan kesempatan besar bagi Indonesia untuk lebih memperkenalkan produk dan budaya Indonesia di wilayah Asia dan diharapkan menjadi titik tumpu kebangkitan ekonomi Indonesia pasca mewabahnya Covid-19. Selain itu, melalui penyelenggaraan forum ini di Indonesia, dapat meningkatkan kerja sama di bidang pengembangan ekspor dengan anggota ATPF lainnya,” ungkap Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan, Kasan dalam keterangan persnya, Jumat 25 September 2020.

Menurut Kasan, dalam forum tersebut dibahas perihal upaya-upaya Trade Promotion Office (TPO) Asia dalam memulihkan ekonomi dan membantu para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di negara kedudukan masing-masing TPO pasca merebaknya Covid-19.

"Banyak UKM yang sangat terdampak kesulitan logistik, bahan baku, serta pemasaran. Sebagian besar TPO di Asia mengubah metode pendekatan promosinya dengan memanfaatkan teknologi. Kegiatan yang selama ini dilakukan secara luring diubah menjadi secara daring, seperti penjajakan potensi bisnis (business matching), misi dagang, pameran dagang, dan pemanfaatan situs-situs promosi daring," jelas Kasan.

Kasan menuturkan, ATPF yang diikuti 23 negara di wilayah Asia tersebut memiliki peranan penting dalam mendukung terciptanya kerja sama promosi perdagangan diantara TPO-TPO di Asia.

"Lewat ATPF, upaya peningkatan perdagangan di wilayah Asia dilakukan dengan tukar menukar informasi dan implementasi proyek kerja sama. Selain itu, forum ini juga bertujuan memperkuat jejaring antar- anggota ATPF," ungkapnya.

Tags : Kemendag , Alkes , Covid19

Berita Terkait