Update Pilpres AS: Perolehan Suara Joe Biden Makin Jauhi Donald Trump

| Kamis, 05/11/2020 05:43 WIB
Update Pilpres AS: Perolehan Suara Joe Biden Makin Jauhi Donald Trump Calon Presiden AS, Joe Biden

RADARBANGSA.COM - Calon presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden semakin mendekati kemenangan. Dikutip dari Foxnews.com, Kamis, 5 November 2020, hingga pukul 05.00 WIB, mantan wakil presiden itu telah mengantongi 264 suara elektoral (electoral college).

Artinya, Biden tinggal mengumpulkan 6 suara lagi untuk bisa meraih 270 suara dan mengalahkan calon petahana, Donald Trump. Sementara, Trump sudah mengumpulkan 214 suara, sehingga masih membutuhkan 56 suara elektoral lagi.

Pertarungan kedua capres mengerucut di lima negara bagian kunci: Arizona, Georgia, Wisconsin, Michigan, dan Pennsylvania.

Arizona tampak condong ke Biden, sehingga capres Partai Demokrat itu harus menang di dua dari tiga negara bagian—Wisconsin, Michigan, dan Pennsylvania—untuk menjadi pemenang pilpres.

Biden terlihat tertinggal dari Trump di ketiga negara bagian tersebut, namun belum semua kertas suara dihitung.

Ada lebih dari 1,4 juta kertas suara di Negara Bagian Pennsylvania yang dikirim melalui pos, dan bisa jadi perlu waktu berhari-hari untuk menghitung semuanya. Kota-kota besar di Michigan (Detroit) dan Wisconsin (Milwaukee) juga belum menghitung semua kertas suara.

Sementara itu, Georgia adalah "wildcard". Ketika penghitungan suara baru dimulai, negara bagian itu tampak akan dimenangi Trump dengan mudah, namun seiring makin banyaknya kertas suara berdatangan, persaingan menjadi sengit.

Berdasarkan proyeksi BBC, Trump akan mempertahankan Ohio dan Missouri, yang dikenal sebagai negara bagian penentu karena seringnya mereka menentukan pemenang pilpres.

BBC juga memproyeksikan Trump bakal memenangi Alabama, Mississippi, Idaho, Wyoming, South Carolina, Kansas, Nebraska, Utah, Louisiana, Indiana, North Dakota, South Dakota, Kentucky, Tennessee, Oklahoma, Arkansas, dan West Virginia.

Sementara Biden, sebagaimana diproyeksikan BBC, akan memenangi Negara Bagian Delaware, California, Virginia, New York, Oregon, Washington, Illinois, New Hampshire, Connecticut, New Mexico, Colorado, Vermont, Maryland, Massachusetts, New Jersey, dan Washington DC.

Tags : Pilpres AS , Joe Biden , Donald Trump

Berita Terkait