Gus AMI: Peran Perempuan Sangat Strategis Sejak PKB Berdiri

| Jum'at, 20/11/2020 21:00 WIB
Gus AMI: Peran Perempuan Sangat Strategis Sejak PKB Berdiri Abdul Muhaimin Iskandar (Ketua Umum DPP PKB). (Foto: TAP/radarbangsacom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Ketua Umum DPP PKB, Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus AMI menyampaikan bahwa para pendiri PKB telah membangun fondasi yang kuat. Tak hanya itu, PKB juga memberikan ruang besar untuk perempuan sejak berdiri.

"Sejak PKB lahir, memang PKB ini didirikan di atas kekuatan kultur yang kuat dan kokoh. Sehingga, kita bisa langsung bisa menikmati dan memanen apa yang telah menjadi fondasi yang dibangun oleh para pendiri," kata Gus AMI saat menyampaikan sambutan dalam acara tasyakuran kantor DPP Perempuan Bangsa di Jakarta, Jumat, 20 November 2020.

Keberadaan perempuan, jelas Wakil Ketua DPR RI itu, sangat strategis di PKB. Kontribusi konkrit perempuan hingga kini mampu membawa PKB terus berkembang.

"Bicara keadilan gender di PKB sudah ketingalan zaman. Karena, di sini sudah sampai pada level kontribusi konkrit yang dijalankan bersama-sama," terangnya.

Gus AMI mengungkapkan, banyak perempuan yang telah berjuang bersama PKB, baik di Parlemen maupun eksekutif. Bahkan, saat ini ada 10 perempuan di PKB yang maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

"PKB sejak lahir memiliki komitmen kuat pada perempuan. Banyak tokoh perempuan yang muncul sejak dulu sampai saat ini," tuturnya.

Gus AMI menjelaskan, Perempuan Bangsa memiliki dua tantangan yang akan dihadapi di masa yang akan datang. Pertama, pemberdayaan masyarakat di paling bawah, baik itu pendidikan, ekonomi maupun sosial.

Kedua, grassroot ekonomi di mana di kalangan bawah Perempuan menjadi tulang punggung ekonomi keluarga. Hal ini, ujarnya, merupakan tantangan yang harus dipikirkan untuk ke depannya.

"Ketiga, peran sosial. Leadership kepemimpinan masyarakat dari perempuan menjadi signifikan mengatasi berbagai masalah sosial," ujar Gus AMI.

Tags : Gus AMI , Perempuan Bangsa , PKB , Indonesia