Demi Keadilan, PKB Minta Kasus Kerumunan Massa Rizieq Dilanjutkan

| Jum'at, 04/12/2020 10:33 WIB
Demi Keadilan, PKB Minta Kasus Kerumunan Massa Rizieq Dilanjutkan Waketum DPP PKB, Jazilul Fawaid (foto Radarbangsa)

RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid mendukung agar kasus kerumunan massa pimpinan FPI Habib Rizieq Shihab tetap dilanjutkan demi memenuhi rasa keadilan.

“Ya proses hukum, dengan tidak mencederai rasa keadilan,” kata Jazilul kepada wartawan, Kamis, 3 Desember 2020.

Wakil Ketua MPR RI ini menekankan proses hukum kasus kerumunan Habib Rizieq berjalan dengan terbuka. Keberlanjutan kasus kerumunan ini, kata dia, bergantung pada proses hukum yang sedang berlangsung.

“Hemat saya, kasus ini dapat dilanjutkan atau dihentikan tergantung dari proses hukum yang berjalan. Kita berharap agar prosesnya transparan, terbuka, dan adil,” ucap Jazilul.

Jazilul menilai dialog menjurus pada proses politik. Proses itu dapat dilakukan jika tak ada hukum yang dilanggar. “Hemat saya, kalau lewat jalur dialog itu proses politik, dapat saja ditempuh sepanjang tidak melanggar hukum. Kita hormati hukum,” imbuhnya.

Sebelumnya, Habib Rizieq meminta maaf terkait kerumunan massa di Bandara Soekarno-Hatta hingga Megamendung, Bogor, yang telah membuat keresahan. Namun polisi menegaskan proses hukum tetap lanjut.

“Silakan saja, memang ada beritanya beredar di media bahwa dari pihak 212 sudah meminta maaf kerumunan yang terjadi di Petamburan maupun juga di bandara. Itu silakan minta maaf kepada rakyat Indonesia lah, khususnya rakyat Jakarta ini silakan. Tetapi penyidikan akan tetap berjalan ya,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu, 2 Desember 2020.

Yusri menegaskan proses penyidikan kasus kerumunan di Petamburan tetap berlanjut meski Habib Rizieq Shihab sudah meminta maaf. Yusri mengatakan pihaknya akan mengusut tuntas pelanggaran protokol kesehatan yang terjadi di Petamburan.

“Penyidikannya tetap berjalan entah pelanggaran protokol kesehatan yang terjadi di area Petamburan pada saat adanya akad nikah dari anaknya Saudara MRS,” jelas Yusri.

Tags : PKB , Jazilul Fawaid , Rizieq Shihab