Dawam Raharjo: Kawal Rekapitulasi, Suara Rakyat adalah Amanah

| Jum'at, 11/12/2020 11:35 WIB
Dawam Raharjo: Kawal Rekapitulasi, Suara Rakyat adalah Amanah Calon Bupati Lampung Timur, Dawam Raharjo (tengah, baju putih) menyapa tim pemenangan (foto istimewa)

RADARBANGSA.COM - Calon Bupati Lampung Timur, Dawam Raharjo menginstruksikan seluruh tim pemenangan untuk mengawal suara Dawam-Azwar Hadi hingga rapat penetapan pemenang oleh KPU Kabupaten Lampung Timur.

Menurutnya seluruh tim pemenangan, tim saksi, hingga simpatisan harus memperhatikan tahapan tabulasi suara yang dilakukan oleh Panitia Pemungutan Suara baik dari tingkat desa, kecamatan, hingga KPU kabupaten.

“Jangan sampai satu suara pun sampai hilang dengan alasan apapun, (karena) itu suara rakyat Kabupaten Lampung Timur, amanah yang harus kita jaga,” kata  Dawam saat menyapa tim pemenangan di Pasir Sakti, Jumat, 11 Desember 2020.

Meski sejumlah lembaga survei dan rekapitulasi sementara KPU sudah menyatakan pasangan nomor urut 3 itu menang, namun Dawam menegaskan seluruh tim pemenangan untuk tidak lengah.

“Insyaallah kemenangan kita sudah nyata, tapi kita tidak boleh lengah, kita harus kawal sampai nanti ditetapkan secara resmi oleh KPU,” katanya.

Diketahui, saat ini KPU tengah melakukan rekapitulasi elektronik atau E-rekap. Hingga pukul 13.20 WIB, Kamis 10 Desember 2020, KPU Lampung Timur (Lamtim) sudah menyelesaikan rekapitulasi sebanyak 43,61% atau 881 TPS dari total 2.020 TPS di Pilkada Lamtim 2020.

Hasil sementara menunjukkan pasangan nomor urut 3, Dawam Raharjo – Azwar Hadi unggul dengan perolehan suara 41,0%. Disusul pasangan nomor urut 2. Zaiful Bokhari – Sudibyo dengan perolehan suara, 37,8% dan pasangan nomor urut 1 Yusran Amirullah – Benny Kisworo meraih 21,2%.

Komposisi perolehan suara dalam perhitungan online KPU sejauh ini tidak jauh berbeda dengan hasil hitung cepat (quick count) Lembaga survei Rakata Institute.

Hasil hitung cepat Rakata menunjukkan pasangan nomor urut 3 tersebut memperoleh suara 40,75%. Sedangkan pasangan nomor urut 1 Yusran Amirullah-Benny Kisworo meraih 23,61%; dan pasangan nomor urut 2, Zaiful Bokhari-Sudibyo 35,64%.

Berdasarkan hitung cepat atau Quick Qount Pilkada Lampung Timur 2020 versi Rakata Institute pasangan Dawam Raharjo – Azwar Hadi menang di 15 kecamatan dari total 24 kecamatan yang ada di Lampung Timur.

Tags : Pilkada , Dawam Raharjo , Lampung Timur