PKB Dorong Program Kebun Rakyat Berbasis Lahan Pekarangan Dikembangkan

| Minggu, 20/12/2020 15:18 WIB
PKB Dorong Program Kebun Rakyat Berbasis Lahan Pekarangan Dikembangkan Legislator PKB, Luluk Nur Hamidah mendampingi Kunker mentan, Syahrul Yasin Limpo ke Karanganyar (foto istimewa)

RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi IV DPR RI, Luluk Nur Hamidah mendampingi kunjungan kerja Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo ke Desa Kragan, Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar, Sabtu, 19 Desember 2020.

Suasana menjadi meriah ketika Bupati Karanganyar, Juliyatmono memberikan sambutan, bahwa program yang dibangun di Desa Kragan ini mikul duwur mendem jero Bapak Presiden, karena kakek beliau dulu Kades Kragan.

"Kami atas nama masyarakat Karanganyar, mengucapkan terima kasih Kepada Bapak Menteri Pertanian atas pemberian program ini, kami akan kembangkan program ini agar menjadi komuditas unggulan di tengah pandemi" katanya.

Menteri Pertanian ketika sambutan menyampaikan bahwa program pertanian menjadi andalan disaat pandemi ini. Tidak hanya di bidang pertanian tapi juga bidang peikanan bahkan Direktur Budidaya juga diajak berkunjung dan menyerahkan program bioflok.

"Pak Bupati harus semangat akan kita bantu apalagi ini daerah kelahiran orang nomor satu di Indonesia," tegasnya.

Syahrul menambahkan, produksi pertanian dan perkebunan harus dikelola dari hulu sampai hilir. Karena itu dia meminta Bupati datang ke Jakarta untuk Mou dengan Pak Menteri.

Sementara itu, Mbak Luluk (demikian Luluk Nur Hamidah karib disapa) menyatakan, kunjungan kali ini adalah kunjungan yang istimewa. Dia menjelaskan, program pertanian yang dibangun di desa tersebut diintegrasikan dengan program aspirasi.

"Ada UPPO (Unit Pengolah Pupuk Organik) yang didalamnya ada ternak sapinya, kolam ikan, perikanan dengan sistem bioflok, juga Program Pangan Lestari, ada ternak itik dan ada bibit Jeruk, Bibit Kelapa," kata Legislator Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini.

Mbak Luluk mendorong upaya pengembangan kebun rakyat yang berbasis lahan pekarangan jauh lebih membumi dan menyentuh langsung pada masyarakat, memberdayakan dan memanfaatkan setiap lahan pekarangan menjadi pertanian terintegrasi akan menjadi sumber ketahanan pangan berbasis ketahanan pangan keluarga dan komunitas.

"Kita akan bangun dan dorong program ini ke depannya, saya hadir ingin memastikan supaya program ini terlaksana dengan baik dan menjadi percontohan Nasional. Kita akan kawal program ini agar terwujud seperti yang diharapkan Pak Menteri," tukas Mbak Luluk.

Kunjungan kerja tersebut diakhiri dengan penyerahan program kepada kelompok masyarakat dan santunan kepada anak Yatim di Masjid Kragan.

Tags : PKB , Luluk Nur Hamidah , Kementan