TWC: Kebijakan Swab Antigen Tekan Target Wisatawan Akhir Tahun

| Rabu, 23/12/2020 12:24 WIB
TWC: Kebijakan Swab Antigen Tekan Target Wisatawan Akhir Tahun Candi Borobudur. (Foto: twitter @idbcpr)

RADARBANGSA.COM - PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero) memproyeksi penurunan minat wisatawan di akhir tahun. Ini lantaran kebijakan baru pemerintah terkait rapid test antigen.

“Adanya kebijakan rapid test antigen untuk masyarakat dari luar daerah membuat wisatawan mengurungkan niat untuk berwisata, ungkap Sekretaris Perusahaan PT TWC Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero) Emilia Eny Utari belum lama ini.

Emilia menjelaskan, sebelum pandemi menyerang, TWC telah mematok target sebanyak 7 juta kunjungan wisatawan di 3 titik wisata yang dikelola. Kemudian Pandemi mengubah target menjadi 1,7 juta saja.

"Semuanya tidak sesuai harapan. Kami dari bulan Maret tutup hingga akhir Juni. (Kunjungan) saat ini masih kecil, target kita 7 juta untuk 3 destinasi. Karena ada pandemi ini berdampak wisata, kita koreksi hanya 1,7 juta kunjungan," ungkap Emilia

Tidak berhenti disitu kini setelah kebijakan swab antigen dikeluarkan, Emilia mengatakan kemungkinan kedatangan wisatawan akan sangat kecil bahkan bisa jadi tidak akan berlibur.

"Sebelum adanya kebijakan rapid test antigen target 2 juta kunjungan. Kemungkinan dengan adanya aturan baru dari pemerintah pusat dan provinsi harus rapid test antigen terkait kunjungan akhir tahun ini membuat wisatawan urung hadir," paparnya.

Kendati demikian, pihaknya masih menunggu perkembangan lebih lanjut. Ia pun menegaskan baik destinasi wisata, hotel dan restoran yang dikelola PT TWC siap menerima wisatawan di memen libur akhir tahun.

Ia juga menegaskan jika PT TWC selalu menerapkan protokol kesehatan ketat di setiap destinasi wisata.

"Kita wait and see perkembangan ke akhir tahun. Kami siap menerima wisatawan di akhir tahun sesuai dengan standar CHSE," tegasnya.

Lebih lanjut, ia memprediksi untuk tahun 2021 wisatawan baru akan mulai ramai setelah semester II. Yaitu seiring dengan langkah pemerintah untuk vaksinasi COVID-19.

"2021 kita akan melihat kondisi, kalau vaksin digerakkan di semester I, wisatawan baru akan merangkak di semester II," pungkasnya.

Tags : Swab Antigen , Wisatawan

Berita Terkait