Twitter Hapus Permanen Akun Donald Trump

| Sabtu, 09/01/2021 08:08 WIB
Twitter Hapus Permanen Akun Donald Trump Tangkapan layar twit @TwitterSafety terkait penghapusan akun Donald Trump secara permanen (dok Twitter)

RADARBANGSA.COM - Akun Twitter Presiden AS Donald Trump dihapus secara permanen dengan alasan "untuk menghindari risiko menimbulkan aksi kekerasan".

Trump tidak bisa lagi mengakses akunnya. Tweet lamanya dan foto profilnya dihapus. Trump memiliki 88,7 juta followers.

Trump menggunakan Twitter secara sporadis untuk menyebarkan pesannya. Dia juga menggunakan Twitter untuk berbicara kepada pendukungnya, hingga mengumumkan pergantian personel Gedung Putih.

Sebelumnya, Twitter sempat menandai tweet-tweet kontroversial Trump dengan label cek fakta karena informasi yang disebarkan tidak benar atau sudah dimanipulasi.

Facebook juga menutup akun Trump hingga waktu yang tidak ditentukan. CEO Facebook Mark Zuckerberg mengatakan suspensi Trump setidaknya hingga akhir masa jabatan.

Akun Twitter dan Facebook Trump dikunci kedua platform sejak 6 Januari, di tengah-tengah kerusuhan yang terjadi di Washington, di mana pendukung Trump menyerbu Gedung Capitol karena menganggap Pemilu AS dicurangi. Sedikitnya empat orang tewas dalam kejadian itu.

Tags : Twitter , Donald Trump