Hadapi Ketidakpastian Global, Indonesia dan Rusia Tingkatkan Kemitraan

| Senin, 18/01/2021 20:43 WIB
Hadapi Ketidakpastian Global, Indonesia dan Rusia Tingkatkan Kemitraan Duta Besar Indonesia untuk Rusia, Jose Tavares (foto: kemenlu)

RADARBANGSA.COM - Duta Besar Indonesia untuk Rusia, Jose Tavares tekankan bahwa peningkatan kemitraan bilateral antara Indonesia dan Rusia diperlukan untuk menghadapi ketidakpastian dan perubahan lingkungan strategis.

"Indonesia dan Rusia memiliki beberapa kesamaan pandangan dalam isu global seperti dukungan penguatan sistem PBB, serta untuk pengaturan perdagangan bebas multilateral yang bersandar kepada WTO," kata Jose Tavares dalam keterangan pers Kemenlu, Senin 18 Januari 2021.

Menurutnya, dalam kerangka bilateral, potensi peningkatan kerja sama sangat besar, terutama di bidang perdagangan, investasi, pariwisata, serta menjadikan Rusia sebagai tempat untuk mempelajari sains dan teknologi tinggi.

Dalam acara seminar daring bertajuk Ambassador Insight beberapa waktu lalu bersama, Jose menyampaikan bahwa setiap tahun, Pemerintah Rusia memberikan alokasi 160 beasiswa kepada pemuda Indonesia untuk belajar di Rusia.

Demikian pula Pemerintah RI memberikan beasiswa kepada pemuda Rusia untuk belajar di Indonesia dalam skema Darmasiswa, Bea Siswa Seni dan Budaya (BSBI) dan Kemitraan Negara Berkembang (KNB). 

Tags : Virus Corona , Covid19 , Gugus Tugas