Gus Yaqut Siapkan Program Afirmasi Pesantren

| Rabu, 20/01/2021 19:58 WIB
Gus Yaqut Siapkan Program Afirmasi Pesantren Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyambangi kediaman Gus Baha di Rembang beberapa waktu lalu (foto: kemenag)

RADARBANGSA.COM - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menegaskan komitmennya untuk memberikan afirmasi terhadap pendidikan pesantren.

Tahun 2021, Menurut Gus Yaqut, sapaan akrabnya, Kemenag telah menyiapkan sejumlah program untuk membantu penyelenggaraan pendidikan pesantren.

"Sejumlah program afirmasi pesantren sudah kita siapkan di 2021. Kami menyebutnya sebagai program penguatan dan pengembangan pesantren," tegas Menag di Jakarta, Rabu 20 Januari 2021.

"Program ini mencakup aspek akademik, kelembagaan, SDM, bahkan bantuan sarana prasarana," sambungnya.

Penguatan SDM, kata Menag, antara lain akan dilakukan dengan memberikan program afirmasi bagi peningkatan kualifikasi akademik pengajar pesantren, khususnya Ma`had Aly. "Kami akan memberikan beasiswa pascasarjana bagi para dosen Ma`had Aly," jelasnya.

Afirmasi lainnya adalah pendampingan program sertifikasi bagi ustadz pesantren, utamanya mereka yang mengajar di Ma`had Aly, diniyah formal, dan mu`adalah.

"Kami menargetkan ada 6.000 tenaga pendidik pesantren yang bisa menerima manfaat beasiswa atau sertifikasi ini," ungkapnya. 

Tags : Gus Yaqut , Menag

Berita Terkait