Doni Monardo Minta Pendataan Kerusakan Rumah Akibat Gempa Sulbar Dipercepat

| Jum'at, 22/01/2021 20:47 WIB
Doni Monardo Minta Pendataan Kerusakan Rumah Akibat Gempa Sulbar Dipercepat Kepala BNPB, Doni Munardo (Foto: twitter @BNPB_Indonesia)

RADARBANGSA.COM - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo meminta proses pendataan kerusakan rumah warga akibat gempa bumi bermagnitudo 6,2 di Sulawesi Barat (Sulbar) segera diselesaikan.

“Kita upayakan pendataan harus sesegera mungkin selesai, supaya program rehabilitasi dan rekonstruksi itu dapat segera berjalan walaupun statusnya masih dalam status transisi darurat,” kata Doni Monardo dalam keterangan persnya melalui bnpbgoid, Jumat 22 Januari 2021.

Sebagaimana arahan Presiden RI Joko Widodo dalam kunjungannya ke lokasi terdampak gempa bumi Sulbar pada Selasa 19 Januari 2021 lalu, kata Doni masyarakat akan diberikan dukungan berupa dana stimulan untuk membangun kembali rumah mereka yang rusak terdampak gempa bumi.

"Adapun besaran dana stimulan tersebut adalah 50 juta rupiah untuk rumah rusak berat, 25 juta rupiah untuk rumah rusak sedang, dan 10 juta rupiah untuk rusak ringan," katanya.

Dalam implementasinya, Doni menjelaskan, dana stimulan diharapkan dapat dikelola oleh masyarakat dengan dukungan oleh TNI dan Polri agar prosesnya dapat lebih cepat sehingga tidak ada masyarakat yang belama-lama di pengungsian.

“Dana stimulan ini diharapkan nantinya bisa dikelola oleh masyarakat dengan dukungan TNI dan Polri,” ujarnya.

Tags : Gempa , BNPB , Sulbar