Soal Covid-19, Nihayatul Wafiroh: Stop Beda Pendapat, Ayo Gotong Royong

| Selasa, 24/11/2020 21:57 WIB
Soal Covid-19, Nihayatul Wafiroh: Stop Beda Pendapat, Ayo Gotong Royong Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Nihayatul Wafiroh menggelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Bondowoso (foto istimewa)

RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Nihayatul Wafiroh menilai tokoh masyarakat sangat berperan dalam memberikan contoh bagi masyarakat awam terkait pandemi Covid-19. Menurut dia, persepsi yang padu dalam menghadapi musibah pandemi Covid-19 ini bisa berdampak baik dalam penanganannya.

Demikian disampaikan Ninik (sapaan karib Nihayatul Wafiroh) dalam Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan oleh Tokoh Masyarakat yang diikuti 150 peserta dari unsur Tokoh Masyarakat dan Muslimat NU di Aula Hotel Palm, Bondowoso, Jawa Timur, Senin, 23 November 2020.

“Musibah ini membangkitkan semangat gotong-royong kita. Jangan malah memperkeruh dengan beda pedapat. Mungkin pemerintah melakukan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), namun justru hal itu juga membangkitkan bahwa ini saatnya kita menunjukkan persepsi yang sama dan bergotong royong memerangi Covid-19,” kata Ninik.

Dalam menghadapi pandemi Covid-19, lanjut legislator Partai Kebangkitan Bangsa ini, ada yang kemudian berbeda pendapat dari banyak orang bahkan kalangan tokoh masyarakat. Perbedaan pendapat mengenai penyebaran Covid-19 juga dapat memunculkan beragam opini masyarakat.

Kondisi itu di mata Ninik wajar terjadi karena beberapa sebab. Namun, hal yang perlu digaris bawahi adalah pentingnya pemahaman mengenai sesuatu yang telah terbukti dan berdasarkan hasil penelitian para ahli serta literasi.

Menurut Ninik, masyarakat juga harus dapat memahami perbedaan pendapat. Meski begitu dia melihat pandemi ini sebagai hikmah adalah lebih penting. “Bahwa Covid-19 ini nyata, apapun persepsi kita. Karena ini terjadi, kita berusaha mengambil hikmah saja yang terbaik,” jelas Ninik.

Di sisi lain, hal yang juga tak kalah paling penting untuk mengajak semua masyarakat bersama-sama memerangi pandemi Covid-19 adalah penyebaran informasi yang terpadu, benar adanya dan mereduksi informasi yang salah.

Sehingga pemberian pemahaman yang benar tidak membuat masyarakat menjadi bingung dan dapat mengambil langkah bersama-sama secara gotong-royong sebagaimana diamanatkan dalam Pancasila.

“Kunci utamanya adalah kita semua harus disiplin, menjaga kesehatan dan menjaga imunitas masing-masing, kalau tidak disiplin artinya kita tidak ikut membantu pemerintah tidak membantu negara, tidak membantu sesama dalam memutus rantai pandemi Covid-19,” pungkas Ninik.

Tags : Nihayatul Wafiroh , Sosialisasi , Covid19

Berita Terkait