GeNose Jadi Syarat Berpergian di Stasiun, Simak Tahapan Pemeriksaannya

| Selasa, 02/02/2021 20:49 WIB
GeNose Jadi Syarat Berpergian di Stasiun, Simak Tahapan Pemeriksaannya Uji coba GeNose dengan hembusan nafas (Doc: UGM)

RADARBANGSA.COM - PT KAI akan menyediakan layanan Pemeriksaan GeNose mulai 5 Februari nanti. Layanan GeNose mulanya akan tersedia di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Yogyakarta.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan terdapat beberapa syarat bagi penumpang yang akan menggunakan layanan GeNose untuk keberangkatan KA Jarak Jauh. Syarat ini wajib dilakukan untuk mendukung keakuratan hasil.

Beberapa syarat ini adalah diwajibkan bagi penumpang untuk

  1. Berada dalam kondisi sehat,
  2. Telah memiliki tiket, dan
  3. Tidak merokok, makan, minum (kecuali air putih), selama 30 menit sebelum pemeriksaan sampel napas

Calon penumpang juga dianjurkan tertib saat mengantre dan mendaftar untuk melakukan pemeriksaan tes GeNose.


Tata Cara Pemeriksaan Tes GeNose

Saat melakukan pemeriksaan dengan GeNose, calon penumpang akan diminta untuk mengambil napas melalui hidung dan membuangnya melalui mulut sebanyak 3 kali.

Caranya, penumpang dapat mengambil nafas 2 kali di awal dan langsung membuangnya di dalam masker. Dan pada saat pengambilan napas ke-3, penumpang bisa langsung mengembuskan nafas ke dalam kantong hingga penuh.

Selanjutnya, kunci kantong agar udara di dalamnya tidak keluar dan serahkan kantong kepada petugas untuk dianalisis menggunakan alat GeNose.

Hasil pemeriksaan GeNose ini akan keluar dalam waktu sekitar 3 menit. Pemeriksaan dilakukan 1 kali tanpa pengulangan.

Hasil pemeriksaan yang menunjukkan negatif berlaku 3 x 24 jam sejak dikeluarkannya print-out. Sedangkan jika hasilnya positif, calon penumpang  tidak diperbolehkan naik Kereta Api.

 

Pembatalan Tiket

Untuk pembatalan tiket dapat dilakukan melalui loket khusus atau melalui WhatsApp KAI121 di 081-1121-11121 dan uang tiket akan dikembalikan penuh.

Petugas pemeriksa akan memberikan konsultasi, informasi, dan edukasi terkait hasil pemeriksaan dan menyarankan pelanggan tersebut untuk melakukan isolasi mandiri. Selanjutnya yang bersangkutan akan diarahkan oleh petugas untuk meninggalkan stasiun dan diminta melapor ke puskesmas sesuai domisili.

Tags : GeNose , Tes GeNose , Alat

Berita Terkait